PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA USAHA DENGAN GREEN PRODUCT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA IKM SEKTOR OLAHAN MAKANAN DI PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG

WIBOWO, BONIFATIUS JUNIANTO and KUSDIARTINI, VERONICA and Anugraheni, Dyah Titisari and SUPRIYANTO, IGNATIUS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA USAHA DENGAN GREEN PRODUCT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA IKM SEKTOR OLAHAN MAKANAN DI PUDAK PAYUNG KOTA SEMARANG. Project Report. P3M FEB Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Lap Akhir Penelitian CSR-Kinerja Usaha.pdf

Download (1MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini menjadi suatu keharusan bagi perusahaan dalam menjalan usahanya. Tanggung jawab sosial tersebut dilakukan baik terhadap lingkungan didalam maupun diluar perusahaan. Pada awalnya, CSR hanya terbatas dilakukan pada perusahaan besar saja, namun sekarang lebih meluas, yaitu dilakukan oleh semua perusahaan, baik besar, menengah, kecil dan mikro. Penelitian ini akan dilakukan di pusat jajanan di daerah Pudak Payung Semarang. Obyek penelitiannya adalah pengelolaan usaha olahan makanan yang dilakukan IKM mengenai tanggung jawab sosial terhadap lingkungan usahanya. Data yang diperlukan berupa data primer, yaitu mengenai Corporate Social Responsibility, Green Product dan kinerja usaha IKM olahan makanan di Pudak Payung Semarang. Data tersebut berasal dari 43 IKM menyangkut ketiga variabel tersebut. Semua data tersebut diperoleh melalui kuesioner dengan pertanyaan bersifat tertutup dan interview untuk melengkapi data terkumpul. Selanjutnya, dari data terkumpul dapat diperoleh gambaran umum responden yang dianalisis dengan tehnik deskriptif kualitatif melalui tabel frekuensi. Selanjutnya, tehnik analisa deskriptif kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linier dan regresi berganda Penggunaan regresi linier untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Green Product. Sementara, penggunaan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility dan Green Product terhadap kinerja usaha (Business Performance). Sedangkan, Uji Sobel dipergunakan untuk menguji apakah Green Product itu memediasi hubungan pengaruh Corporate Social Responsibility dengan Business Performance ataukah tidak. Analisa kualitatif juga dipergunakan untuk melengkapi hasil uji regresi linier dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan apabila Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Green Product dan Business Performance. Namun demikian, Green Product tidak memediasi hubungan pengaruh Corporate Social Responsibility dengan Business Performance. Rekomendasinya adalah agar pelaku IKM olahan makanan di Pudak Payung lebih meningkatkan aktivitas penerapan Corporate Social Responsibility supaya konsumen yang membeli produk olahan makanan yang dihasilkan semakin meningkat. Disamping itu, untuk membuktikan apakah Green Product memediasi hubungan pengaruh Corporate Social Responsibility dengan Business Performance, maka perlu dilanjutkan penelitian terhadap pelaku IKM olahan makanan jenis tertentu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics > Small Business
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:57
Last Modified: 21 Aug 2023 08:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32403

Actions (login required)

View Item View Item