Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku

SARASWATI, RIKA and HADIYONO, VENATIUS Pencegahan Perundungan/Bullying di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. JURNAL HUKUM POLITIK DAN KEKUASAAN, 1 (1). ISSN 2722-970X (media online)

[img] Text
2670-7716-3-PB.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.unika.ac.id/index.php/jhpk/issue/v...

Abstract

Perundungan terhadap anak di sekolah atau yang lebih dikenal dengan bullying sudah lama terjadi di Indonesia, termasuk di Kota Semarang. Bahkan media menyatakan bahwa Indonesia sudah dalam kondisi “darurat” di sekolah. Tanggungjawab negara Indonesia dalam mencegah perundungan sudah dilakukan melalui peraturan perundang- undangan berskala nasional seperti Undang-Undang Perlindungan Anak dan Permendikbud 82 Tahun 2015, akan tetapi dalam pelaksanaannya sebagai sebuah bentuk kepedulian masih sangat bersifat spasial dan terbatas melalui norma hukum dan perubahan perilaku melalui kerjasama antara pemerintah dengan seluruh elemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya perundungan, upaya pencegahan. Data diperoleh melalui studi pustaka dan empiris terkait dengan pengalaman para siswa di sekolah menengah pertama dan atas terhadap perundungan dan semua informasi terkait dengan upaya pencegahan perundungan. Kata kunci: Pencegahan, perundungan/bullying, institusi pendidikan, norma hukum, perubahan perilaku

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, social, education & cultural law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Ms Agnesia Karlina
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:36
Last Modified: 26 Jul 2023 07:36
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item View Item