PELAKSANAAN PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS (INFORMED CONSENT) ATAS PENGGUNAAN KONTRAS MEDIA DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT BANYUMANIK 2 SEMARANG

PUTRA, AGUSTYANDIKA (2023) PELAKSANAAN PERSETUJUAN TINDAKAN MEDIS (INFORMED CONSENT) ATAS PENGGUNAAN KONTRAS MEDIA DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT BANYUMANIK 2 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-BAB I_a.pdf

Download (491kB)
[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-DAPUS_a.pdf

Download (187kB)
[img] Text
21.C2.0135-AGUSTYANDIKA PUTRA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan fasilitas kesehatan yang memiliki sistem pelayanan kesehatan yang terpadu dan paripurna. Pelayanan radiologi diselenggarakan rumah sakit untuk menunjang pelayanan kepada pasien. Pelayanan radiologi yang digunakan untuk melakukan diagnosis menggunakan alat radiologi yang pada beberapa pemeriksaan khusus menggunakan kontras media. Setiap pasien sebelum mendapatkan tindakan kontras media harus mendapatkan informed onsent dari tenaga medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan terkait persetujuan tindakan medis (informed consent), pelaksanaan persetujuan tindakan medis (informed consent) dan faktor-faktor yang mempengaruhi persetujuan tindakan medis (informed consent) atas penggunaan kontras media di instalasi radiologi Rumah Sakit Banyumanik 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi deskriptif analitis. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diambil dari penelitian di RS Bayumanik 2 Semarang dan data sekunder dari studi pustaka. Metode pengambilan sampel dengan purposif sampling dengan analisa secara kualitatif kemudian disajikan dalam bentuk kalimat, tabel dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan pengaturan persetujuan tindakan medis (informed consent) atas penggunaan kontras media pasien cukup memadai. Pengaturan ini memberikan kewajiban bagi dokter untuk memberikan informasi kepada pasien dan pasien memberikan persetujuan atau penolakan atas tindakan yang akan diterima di formulir khusus. Pelaksanaan persetujuan tindakan medis (informed consent) atas penggunaan kontras media masih belum dilaksanakan sepenuhnya. Hal ini dikarenakan pemberian informasi kepada pasien tidak sepenuhnya dilakukan oleh dokter tetapi terkadang didelegasikan kepada tenaga kesehatan yang lain. Berdasarkan Pasal 45 UU Praktik Kedokteran, seharusnya hanya dokter yang berhak memberikan informasi kepada pasien terkait tindakan radiolohgi. Faktor yang mempengaruhi persetujuan tindakan medis antara lain faktor teknis dan sosial. Fakto teknis karena dokter tidak selalu berada di rumah sakit sehingga pemberian informasi terkadang diberikan ke petugas yang jaga di instalasi radiologi sedangkan faktor sosial yaitu pasien tidak memahami hak-hak yang melakat pada dirinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 May 2023 03:44
Last Modified: 31 May 2023 03:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item View Item