PENEGAKAN HUKUM DI TINGKAT PENYIDIKAN TERHADAP PENIPUAN DENGAN MODUS ARISAN ONLINE MELALUI GRUP WHATSAPP “ARISAN BY VERA VERO” (STUDI DI DITRESKRIMSUS POLDA JATENG)

PUJIATI, NUR (2023) PENEGAKAN HUKUM DI TINGKAT PENYIDIKAN TERHADAP PENIPUAN DENGAN MODUS ARISAN ONLINE MELALUI GRUP WHATSAPP “ARISAN BY VERA VERO” (STUDI DI DITRESKRIMSUS POLDA JATENG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-COVER_a.pdf

Download (817kB)
[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-BAB I_a.pdf

Download (436kB)
[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-BAB III_a.pdf

Download (500kB)
[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-BAB IV_a.pdf

Download (406kB)
[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-DAPUS_a.pdf

Download (413kB)
[img] Text
19.C1.0141-NUR PUJIATI-LAMP_a.pdf

Download (794kB)

Abstract

Perkembangan internet mempunyai beragam dampak positif dalam kehidupan manusia, namun di sisi lain terdapat dampak negatif yang ditimbulkan. Fenomena kejahatan internet sudah tidak asing terdengar di Indonesia, hal ini karena terdapat beberapa oknum yang menyalahgunakan internet untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Salah satu kejahatan yang saat ini marak terjadi adalah penipuan online. Penipuan online beragam jenisnya dan saat ini yang sedang banyak dilaporkan adalah terkait penipuan arisan online. Kejahatan Siber di wilayah hukum Jawa Tengah dapat diperiksa secara khusus oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Tengah Subdit V Siber. Ditreskrimsus Polda Jateng menjadi salah satu instansi yang dapat menangani perkara cybercrime khususnya penipuan arisan online. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana upaya penegakan hukum bagi tindak pidana penipuan dengan modus arisan online dan apa saya faktor penghambat dalam penyidikan tindak pidana penipuan dengan modus arisan online di Ditreskrimsus Polda Jateng. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang dilakukan melalui interaksi langsung dengan narasumber penelitian. Lokasi penelitian terhadap tindak pidana penipuan arisan online berada di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Tengah. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan studi kepustakaan, dan metode Analisa data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Jateng dalam tindak pidana penipuan arisan online adalah dengan melakukan upaya preventif dan represif. Upaya preventif dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan dan agar masyarakat mempunyai kesadaran hukum, upaya represif dilakukan untuk menindak secara tegas pelaku yang melakukan pelanggaran hukum terdiri dari tahap penyelidikan, tahap penyidikan, tahap pemeriksaan, hingga tahap penyerahan berkas perkara kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU). Adanya hambatan yang ditemui oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jateng dalam proses penyidikan terhadap pelaku tindak pidana penipuan arisan online yaitu keterbatasan jumlah penyidik, keterbatasan sarana dan prasarana, minimnya anggaran penyidikan, terkendala birokrasi, kurangnya kesadaran hukum masyarakat, dan kurangnya respon masyarakat terhadap sosialisasi atau penyuluhan yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Perlunya beberapa upaya untuk meminimalisir hambatan yang terjadi yaitu dengan menambah jumlah anggota penyidik, dan penguasaan teknologi terhadap penyidik perlu ditingkatkan, serta sosialisasi kepada masyarakat mengenai cybercrime untuk mengurangi aduan yang masuk serta menghindari tindak pidana tersebut terjadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 May 2023 02:53
Last Modified: 31 May 2023 02:53
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31846

Actions (login required)

View Item View Item