PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMENANG LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN TERHADAP GUGATAN PIHAK DEBITUR (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI NO.255/Pdt.G/2019/PN.Smg)

AFSANI, MUHAMAD GHARYN BINTANG (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMENANG LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN TERHADAP GUGATAN PIHAK DEBITUR (STUDI KASUS PENGADILAN NEGERI NO.255/Pdt.G/2019/PN.Smg). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-BAB I_a.pdf

Download (340kB)
[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-BAB III_a.pdf

Download (427kB)
[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-BAB IV_a.pdf

Download (295kB)
[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-DAPUS_a.pdf

Download (298kB)
[img] Text
19.C1.0127-Muhamad Gharyn Bintang Afsani-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemberian fasilitas kredit yang diberikan oleh pihak perbanka bukanlah tanpa resiko, resiko yang umumnya terjadi adalah kegagalan atau kemacetan dalam pelunasan kredit. Untuk memperkecil resiko apabila debitur wanprestasi dalam perjanjian kredit tersebut maka pihak kreditur membutuhkan jaminan. Jaminan kebendaan yang sering digunakan salah satunya adalah Hak Tanggungan, jaminan tersebut dipergunakan untuk melunasi hutang dengan cara dijual melalui lelang. Pada pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan didapati beberapa kasus gugatan dari pihak debitur atau pihak lain yang merasa haknya dirugikan oleh pihak kreditur atas terjadinya proses lelang tersebut, adanya gugatan tersebut menyebabkan proses balik nama ataupun eksekusi pengosongan terhambat, karena objek hak tanggungan tersebut masih menjadi sengketa di pengadilan serta merugikan pihak pemenang lelang karena proses peguasaan objek lelang yang dimenangkannya jadi terhambat. Sebagai contoh kasus dari sengketa barang jaminan yang dijual melalui lelang adalah pada Putusan Pengadilan Negeri Nomor 255/Pdt.G/2019/PN.Smg Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang dilakukan dengan adanya interaksi langsung dengan narasumber penelitian. Lokasi penelitian berada di Kantor KPKNL Kota Semarang. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni dengan wawancara dan penelitian kepustakaan, serta metode Analisa data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, dalam memutus putusan Putusan Pengadilan Negeri No. 255/Pdt.G/2019/PN.Smg, hakim menggunakan pertimbangan-pertimbangan yang relevan dan sesuai dengan pertaturan perundangundangan yang berlaku sehingga putusan pengadilan tersebut memiliki kekuatan hukum yang kuat serta dapat memberikan perlindungan hukum bagi pemenang lelang. Bentuk perlindungan hukum terhadap pemenang lelang eksekusi hak tanggungan apabila terdapat gugatan dari debitur telah dilakuka secara preventif dan represif. Perlindungan secara preventif diatur dalam PMK No.27/PMK.06/2016 dan vendureglement, Sedangkan perlindungan secara represif diatur dalam HIR

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 May 2023 02:51
Last Modified: 31 May 2023 02:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31844

Actions (login required)

View Item View Item