PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN PADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS (STUDI PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA SEMARANG)

SIALLAGAN, CANDRAWATI SARINA (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENCABULAN PADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS (STUDI PADA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-COVER_a.pdf

Download (622kB)
[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-BAB I_a.pdf

Download (298kB)
[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-BAB III_a.pdf

Download (368kB)
[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-BAB IV_a.pdf

Download (156kB)
[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-DAPUS_a.pdf

Download (234kB)
[img] Text
19.C1.0034-Candrawati Sarina Siallagan-LAMP_a.pdf

Download (450kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu bahwa anak penyandang disabilitas itu merupakan anak yang sudah mengalami keterbatasan karena kedisabilitasannya. Sementara di sisi lain, anak penyandang disabilitas justru kadang diperlakukan secara tidak baik dan menjadi korban kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum apa saja yang akan diberikan untuk anak penyandang disabilitas yang menjadi korban tindak pidana pencabulan dan upaya pencegahan apa yang akan dilakukan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang terhadap penyandang disabilitas yang menjadi korban tindak pidana pencabulan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pendekatan penelitian yuridis sosiologis, dengan data diperoleh dari narasumber Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Bahan hukum yang digunakan meliputi primer, sekunder, dan tersier. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dari hasil penelitian yang didapatkan bentuk perlindungan hukum terhadap penyandang disabilitas sebagai korban pencabulan yaitu adanya pendampingan kesehatan kepada korban, psikologi konseling, dan pendampingan hukum korban. Pendampingan dilakukan oleh tim pendamping dengan memberikan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan korban dengan mengunjungi rumah korban. Serta upaya yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang untuk mencegah yaitu melakukan sosialisasi rutin, membentuk satgas PPA serta melakukan kunjungan setiap rumah korban untuk memberikan perhatian kepada anak penyandang disabilitas ataupun non disabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 May 2023 02:49
Last Modified: 31 May 2023 02:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31841

Actions (login required)

View Item View Item