EFEKTIVITAS HUKUM PELAKSANAAN REGULASI PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DARI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG

ADITYAWAN, YUSUF CANDRA (2023) EFEKTIVITAS HUKUM PELAKSANAAN REGULASI PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN DARI FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-BAB I_a.pdf

Download (588kB)
[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-DAPUS_a.pdf

Download (641kB)
[img] Text
19.C2.0010-Yusuf Candra Adityawan-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang setiap hari melakukan pelayanan kesehatan. Dalam pelayanan kesehatan, puskesmas menghasilkan limbah B3 baik padat maupun cair yang proses pengelolaannya harus baik dan tepat agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan serta masyarakat. Berdasarkan Permen LHK Nomor P.56/MENLHK-SETJEN/2015 pengelolaan limbah padat di puskesmas dilakukan sebatas pengurangan, pemilahan dan penyimpanan sementara. Penelitian ini ingin mengetahui efektivitas pelaksanaan regulasi pengelolaan limbah B3 di puskesmas. Sehingga hasil yang diharapkan adalah efektiv atau belum efektivnya keadaan dilapangan dengan Undang-undang yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu meneliti efektivitas Undang-Undang yang berkaitan dengan perlidungan hukum terhadap lingkungan akibat limbah B3 yang di hasilkan dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan metode efektivitas melalui pengumpulan data yang terdiri dari dokumen, pengamatan dan wawancara. Data primer yang di dapat melalui wawancara mendalam kepada masing-masing 2 responden pada empat puskesmas, yaitu pemegang program Kesehatan Lingkungan dan Cleaning Service. Pada hasil penelitian berkaitan pengaturan tentang pengelolaan limbah B3 pada puskesmas di Kota Semarang masih membingungkan disebabkan dasar hukum pengaturan tentang pengelolaan limbah B3 sering berganti tanpa memiliki peraturan pelaksana untuk menerapkan dasar hukum yang diterbitkan. Efektivitas tentang pengelolaan limbah B3 pada puskesmas di Kota Semarang yang sesuai dengan peraturan yang berlaku belum berjalan secara efektiv. Hal ini dipengaruhi beberapa factor yang saling berkaitan erat untuk menilai efektivitas, yaitu factor hukum, factor penegak hukum, factor sarana atau fasilitas, factor masyarakat dan factor kebudayaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 May 2023 03:10
Last Modified: 16 May 2023 03:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31732

Actions (login required)

View Item View Item