PERAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN VAKSINASI SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK ATAS KESEHATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

KUSWARA, STEPHANUS BENNY (2023) PERAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN VAKSINASI SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN HAK ATAS KESEHATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-BAB I_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-DAPUS_a.pdf

Download (555kB)
[img] Text
18.C2.0058-STEPHANUS BENNY KUSWARA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat Pemerintah Indonesia mengumumkan status kedaruratan kesehatan dan mengeluarkan kebijakan vaksinasi Covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal sebagai unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang kesehatan melaksanakan perannya dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pemenuhan hak atas kesehatan masyarakat Kendal. Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan vaksinasi sehingga cakupan vaksinasi tidak maksimal dan cenderung turun. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaturan pelaksanaan peran Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pelaksanaan peran Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan peran tersebut. Penelitian dilakukan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Puskesmas Pageruyung, Puskesmas Kendal II, rumah warga wilayah Puskesmas Pageruyung, dan rumah warga wilayah Puskesmas Kendal II. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi deskriptif analitis. Data primer melalui observasi dan wawancara, serta data sekunder melalui studi pustaka. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling dan data penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak peraturan yang memadai terkait pengaturan pelaksanaan peran Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan peran Dinas Kesehatan bersifat imperatif karena pelaksanaan vaksinasi merupakan tanggung jawab dan kewajiban Dinas Kesehatan, yaitu melakukan perencanaan kebutuhan, penetapan sasaran fasyankes, penyediaan vaksin dan logistik lainnya, pelaksanaan pelayanan vaksinasi Covid-19, serta pencatatan dan pelaporan, melaksanakan strategi komunikasi, pemantauan dan penanggulangan KIPI Covid-19, serta monitoring dan evaluasi. Pelaksanaan peran Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah berjalan lancar tetapi belum optimal yang dipengaruhi oleh faktor yuridis, sosiologis, dan teknis. Pada faktor yuridis penegakan sanksi administrasi Peraturan Gubernur belum berjalan. Pada faktor sosiologis, persepsi positif masyarakat pada vaksin Covid-19 akan mendukung vaksinasi, sedangkan persepsi negatif menghambat vaksinasi. Pada faktor teknis, umur vaksin pendek, vaksin dari Provinsi tidak sesuai dengan usulan kebutuhan dari Kabupaten, rantai dingin vaksin tidak selalu terjaga, Indeks Pemakaian (IP) vaksin tidak selalu sesuai dengan jumlah sasaran, dan kurang gencarnya strategi komunikasi dengan komunikasi risiko.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 May 2023 03:09
Last Modified: 16 May 2023 03:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31730

Actions (login required)

View Item View Item