PELAKSANAAN SISTEM KENDALI MUTU DAN KENDALI BIAYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo)

PUJIASTUTI, NOORJANAH (2023) PELAKSANAAN SISTEM KENDALI MUTU DAN KENDALI BIAYA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo). Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-BAB I_a.pdf

Download (431kB)
[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-DAPUS_a.pdf

Download (317kB)
[img] Text
18.C2.0045-Noorjanah Pujiastuti-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mengamanatkan BPJS Kesehatan untuk melaksanakan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan yang mengatur program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menyebutkan bahwa pembayaran kepada fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan berdasarkan cara Indonesian Case Based Groups (INA-CBGs). Sementara pelaksanaan Program JKN harus tetap melakukan kendali mutu dan kendali biaya. Rumah sakit, dengan sejumlah perbedaan situasi yang dihadapi melakukan sistem kendali mutu dan kendali biaya dengan penyesuaian terhadap sistim pembayaran INA-CBGs dengan cara yang sangat bervariasi. Dengan penelitian kualitatif dan pendekatan yuridis-sosiologis, penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi pelaksanaan kendali mutu dan kendali biaya yang diamanatkan oleh regulasi di Rumah Sakit Tugurejo. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara Rumah Sakit Tugurejo menyikapi problem yang dihadapi terkait dengan pemberlakuan sistem pembayaran INA-CBGs. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Pengumpulam data dilakukan melalui observasi partisipan (complete participant observation), Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Hasil studi ini menunjukkan bahwa sistem kendali mutu dan kendali biaya dan pemberlakuan sistem pembayaran klaim rumah sakit dengan sistem INA-CBGs telah dilaksanakan dengan membuat sejumlah regulasi internal. Walaupun masih ada kendala dalam pelaksanaannya, kendali mutu dan kendali biaya dalam program JKN tetap terus berjalan. Beberapa strategi diambil untuk tetap menjaga kendali mutu dan kendali biaya tersebut, pembuatan aplikasi dalam Rekam Medik Electronik, yaitu dengan menempelkan tambahan aplikasi yang fungsinya untuk memberi informasi biaya pelayanan kesehatan yang sudah diberikan, serta berbagai aplikasi lain untuk kendali mutu dan biaya. Pengembangan SDM terkait sistem pembayaran dengan INA-CBGs dan ketentuan lain terkait regulasi kendali mutu dan kendali biaya juga telah dilakukan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 May 2023 03:09
Last Modified: 16 May 2023 03:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31729

Actions (login required)

View Item View Item