PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DALAM PEMENUHAN HAK PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RUANG KENANGA RSUD dr. H. SOEWONDO KENDAL

SETYORINI, ENDANG (2023) PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN DALAM PEMENUHAN HAK PASIEN BPJS DI INSTALASI RAWAT INAP RUANG KENANGA RSUD dr. H. SOEWONDO KENDAL. Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-BAB I_a.pdf

Download (373kB)
[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-DAPUS_a.pdf

Download (301kB)
[img] Text
18.C2.0033-Endang Setyorini-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Permasalahan atas pelayanan kesehatan bagi pengguna BPJS kesehatan membuktikan bahwa telah terjadi kesenjangan antara harapan pemerintah terhadap program JKN dengan kondisi di lapangan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan BPJS Kesehatan di instalasi rawat inap Ruang Kenanga RSUD dr. H. Soewondo Kendal dengan regulasi, pelaksanaan program jaminan kesehatan oleh BPJS dalam pemenuhan hak pasien dan hambatannya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Pengumpulan data melalui studi lapangan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka dengan analisis bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Pengambilan sampel, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif melalui tahapan pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pasien Rawat Inap termasuk pada ruang Kenanga memperoleh hak dasar kesehatan sejak awal pendaftaran hingga mendapatkan ruang perawatan baik oleh petugas pendaftaran, perawat maupun dokter penanggungjawab, khususnya terkait dengan haknya untuk memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien. Pasien juga telah terpenuhi haknya untuk memilih dokter spesialis bedah yang ada di rumah sakit tersebut meskipun jumlahnya terbatas, dan hak memilih kelas perawatan terpenuhi karena BPJS sudah mengatur kelas-kelas perawatan. Hak pasien untuk berkonsultasi tentang penyakitnya dengan dokter lain diluar rumah sakit sulit untuk dipenuhi. Pemenuhan hak dasar kesehatan bagi pasien ini memiliki hambatan yuridis berupa tidak adanya penjelasan maupun petunjuk teknis dalam penerapan Pasal 32 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 dan Pasal 17 ayat (2) Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 dalam kaitannya dengan hak pasien untuk meminta konsultasi kepada dokter lain baik di dalam maupun diluar rumah sakit. Hambatan teknis yaitu perubahan kelas kepesertaan BPJS dengan mekanisme atau prosedur pengurusan yang rumit dan klaim untuk pasien bedah karena kecelakaan yang ditanggung PT. Jasa Raharja dan BPJS maupun kecelakaan kerja oleh Taspen cenderung rumit sedangkan hambatan sosial berupa jumlah dokter spesialis bedah terbatas, pasien bedah tidak mengenal dokter-dokter spesialis bedah, dan pasien tidak mengetahui tentang layanan yang dapat ditanggung BPJS dan yang ditanggung PT. Jasa Raharja. Saran penelitian yaitu BPJS Kesehatan perlu melakukan review ulang terkait dengan kebijakan khusus yang mengatur tentang mekanisme pelaksanaan pelayanan rawat inap ruang Kenanga. RSUD dr. H. Soewondo hendaknya meningkatkan upaya pemenuhan hak dasar kesehatan bagi pasien dengan cara mengadakan kerjasam dengan dokter-dokter diluar rumah sakit sehingga pasien yang ingin berkonsultasi dengan dokter luar tersebut dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 May 2023 03:09
Last Modified: 16 May 2023 03:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31728

Actions (login required)

View Item View Item