PERBANDINGAN PELAKSANAAN SHEET PILE DAN DINDING PENAHAN TANAH BETON BERTULANG DARI SEGI WAKTU DAN BIAYA, PROYEK PENATAAN KAWASAN GELORA BUNG KARNO (GBK) ZONA 1

MAS’UDI, MUCHAMMAD NASHICH (2023) PERBANDINGAN PELAKSANAAN SHEET PILE DAN DINDING PENAHAN TANAH BETON BERTULANG DARI SEGI WAKTU DAN BIAYA, PROYEK PENATAAN KAWASAN GELORA BUNG KARNO (GBK) ZONA 1. Project Report. Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
21.B5.0008-MUCHAMMAD NASHICH MAS’UDI-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21.B5.0008-MUCHAMMAD NASHICH MAS’UDI-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
21.B5.0008-MUCHAMMAD NASHICH MAS’UDI-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
21.B5.0008-MUCHAMMAD NASHICH MAS’UDI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemancangan sheet pile untuk area kolam keliling GBK terdapat perubahan menjadi dinding penahan tanah beton bertulang atau pengecoran beton manual. Karena dalam pelaksanaan konstruksi sering kali masih terjadi ketidaksesuaian waktu serta biaya pekerjaan akibat perubahan design. Menurut Sosrodarsono (2000), pondasi tiang turap atau sheet pile adalah suatu struktur dimana tiang turap baja atau turap dari balok dengan flens lebar digabungkan merapat satu sama lain sehingga membentuk lingkaran, bulat telur atau persegi Panjang, ditempatkan pada posisi yang tepat dan kemudian setiap kepala tiang turap itu dihubungka satu sama lain secara kaku. Definisi sheet pile beton adalah jenis sheet pile yang terbuat dari beton prategang yang dirancang dengan tulangan untuk menahan tegangan selama proses konstruksi. Perbandingan pekerjaan sheet pile dengan pekerjaan beton bertulang untuk dinding penahan tanah pada Proyek Penataan Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Zona 1 adalah sebagai Penggunaan sheet pile dan beton bertulang untuk dinding penahan tanah pada Proyek Penataan Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Zona 1 memiliki perbedaan dari segi waktu dan biaya, dinding penahan tanah beton bertulang memiliki kelebihan pada proyek ini dalam segi waktu lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan sheet pile, dinding penahan tanah beton bertulang memiliki kelebihan dalam segi biaya lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan sheet pile.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Engineer Professional Program
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Apr 2023 06:25
Last Modified: 26 Apr 2023 06:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31526

Actions (login required)

View Item View Item