PERCEPATAN WAKTU PADA PELAKSANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM METODE BEKISTING ALUMINIUM (ALFORM WORK) PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMENT URBAN SKY CIKUNIR BEKASI

WIDAYANTO, LILIK (2023) PERCEPATAN WAKTU PADA PELAKSANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM METODE BEKISTING ALUMINIUM (ALFORM WORK) PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMENT URBAN SKY CIKUNIR BEKASI. Project Report. Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
21.B5.0007-LILIK WIDAYANTO-CCVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21.B5.0007-LILIK WIDAYANTO-BAB I-V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21.B5.0007-LILIK WIDAYANTO-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
21.B5.0007-LILIK WIDAYANTO-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Pada pekerjaan struktur, metode pelaksanaan pekerjaan bekisting konvensional sering kali digunakan dalam pelaksanaannya. Namun, metode pelaksanaan pekerjaan bekisting menggunakan Aluminium Formwork juga sudah mulai banyak digunakan. Pengunaan bekisting menggunakan aluminium dinilai dapat menekan biaya pelaksanaan serta mempercepat waktu pelaksanaannya. Karena dalam pelaksanaan konstruksi sering kali masih terjadi ketidaksesuaian waktu serta biaya pekerjaan akibat metode pelaksanaan yang salah. Menurut Stephens (1985), formwork atau bekisting adalah cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beban pada saat beton dituang dan dicetak sesuai dengan yang diinginkan. Adapun macam-macam bekisting yang saat ini ada pada dunia konstruksi, antara lain Bekisting Konvensional dan Bekisting Aluminium. penggunaan bekisting alumunium pada Proyek Pembangunan Apartemen Urban Sky Cikunir Bekasi adalah sebagai berikut a. Penggunaan bekisting konvensioanl maupun alumunium memiliki kelebihan dan kekurangan. b. Kelebihan menggunakan bekisting konvensional adalah harga material cenderung murah dan mudah dicari. Sedangkan kekurangannya adalah Material hanya bisa digunakan beberap kali, pemasangan dan pembongkarannya membutuhkan waktu relatif lama ± 8 hari, limbah material dan hasil pekerjaan kurang rapi. c. Kelebihan menggunakan bekisting alumunium proses pemasangan dan pembongkarannya lebih cepat ± 6 hari, biaya overhead lebih kecil, panel dapat digunakan kembali. materialnya kuat, berbagai elemen struktur dapat dikerjakan secara bersamaan, ramah lingkungan dan hasil pekerjaannya lebih rapi. Sedangkan kekurangan bekisting alumunium biaya investasi materialnya lebih mahal di awal, biaya pemeliharaan cukup tinggi, dan membutuhkan gudang untuk penyimpanan materialnya. d. Pekerjaan bekisting alumunium dipilih pada Proyek Pembangunan Apartemen Urban Sky Cikunir Bekasi karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan menggunakan bekisting konvensional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Engineer Professional Program
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Apr 2023 06:16
Last Modified: 26 Apr 2023 06:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31525

Actions (login required)

View Item View Item