POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SQUAD AIZEN ASANO GAME MOBILE LEGENDS DI SEMARANG

NUGROHO, YOHANES CHRISTIAN WAHYU (2022) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SQUAD AIZEN ASANO GAME MOBILE LEGENDS DI SEMARANG. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (cover)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-BAB I_a.pdf

Download (307kB)
[img] Text (Bab II)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text (Bab III)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-BAB III_a.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab IV)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-BAB IV_a.pdf

Download (391kB)
[img] Text (Bab V)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-BAB V_a.pdf

Download (229kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-DAPUS_a.pdf

Download (234kB)
[img] Text (Lampiran)
15.M1.0050-Yohanes Christian Wahyu Nugroho-LAMP_a.pdf

Download (482kB)

Abstract

Di zaman yang maju, game online tidak lagi menjadi hal yang asing di masyarakat. Salah satu game online yang sering dimainkan oleh banyak orang adalah Mobile Legends Bang Bang yang menyediakan fitur komunikasi secara virtual bagi penggunanya. Mereka bertemu di dalam game dan melakukan interaksi dan membuat ruang lingkup baru antara pemain game sehingga terjadi pola komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pada Squad Mobile Legends Aizen Asano Game di Semarang. Untuk mendeskripsikan persoalan pola komunikasi dalam Squad Mobile Legends Aizen Asano tersebut, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis datanya menggunakan tiga sub proses yang saling berhubungan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi virtual yang ada pada Squad Mobile Legends Aizen Asano terdapat 2 pola komunikasi, yaitu komunikasi bebas dan komunikasi linear. Proses komunikasi tersebut memunculkan koordinasi dua arah dan solusi dalam komunikasi kelompok sehingga Squad Mobile Legends Aizen Asano selalu menang di setiap pertandingan. Peneliti menyarankan agar Squad Mobile Legends Aizen Asano menjaga kekompakan dan meningkatkan intensitas komunikasi agar mendapatkan hasil yang memuaskan di setiap pertandingan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:28
Last Modified: 28 Mar 2023 03:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31149

Actions (login required)

View Item View Item