PENERAPAN PERATURAN JAKSA AGUNG NOMOR 15 TAHUN 2020 TENTANG PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA RINGAN (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Semarang)

NABABAN, AYU ANDIRA (2023) PENERAPAN PERATURAN JAKSA AGUNG NOMOR 15 TAHUN 2020 TENTANG PENGHENTIAN PENUNTUTAN BERDASARKAN KEADILAN RESTORATIF DALAM PENYELESAIAN PERKARA TINDAK PIDANA RINGAN (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Semarang). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-COVER_a.pdf

Download (849kB)
[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-BAB I_a.pdf

Download (324kB)
[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-BAB III_a.pdf

Download (483kB)
[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-BAB IV_a.pdf

Download (173kB)
[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-DAPUS_a.pdf

Download (301kB)
[img] Text
18.C1.0048-AYU ANDIRA NABABAN-LAMP_a.pdf

Download (386kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Penerapan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif dalam Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Ringan (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Semarang)” ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme dihentikannya penuntutan dalam penyelesaian perkara tindak pidana ringan berdasarkan keadilan restoratif, mengetahui syarat dan faktor yang menjadi pertimbangan Jaksa Penuntut Umum dalam menghentikan penuntutan berdasarkan keadilan restoratif, serta mengetahui penerapan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif dalam penyelesaian perkara tindak pidana ringan pada Kejaksaan Negeri Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Objek penelitian skripsi ini adalah seluruh ringan informasi yang berkaitan dengan penghentian penuntutan perkara tindak pidana dengan pendekatan keadilan restoratif oleh Jaksa Penuntut Umum berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 di Kejaksaan Negeri Semarang. Data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh melalui wawancara untuk data primer dan studi kepustakaan untuk data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan penelitian, mekanisme penghentian penuntutan dalam penyelesaian perkara tipiring berdasarkan keadilan restoratif sepenuhnya dilaksanakan berdasarkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 mulai dari penyerahan tanggung jawab atas tersangka dan barang bukti (tahap dua), ditawarkannya upaya perdamaian oleh Jaksa Penuntut Umum, dilakukannya proses perdamaian, timbulnya kesepakatan antara tersangka dan korban, persetujuan Kepala Kejaksaan Tinggi sampai dengan dikeluarkannya SKP2. Syarat dan faktor yang menjadi pertimbangan Jaksa Penuntut Umum adalah terpenuhinya syarat formil dan syarat materil serta Jaksa Penuntut Umum tidak dapat menggunakan pertimbangan lain diluar daripada Peraturan. Penerapan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 di Kejaksaan Negeri Semarang selama tahun 2022 telah diterapkan dalam beberapa kasus tipiring yaitu penganiayaan dan pencurian yang sudah berdasarkan pada asas proporsionalitas dan sesuai dengan syarat formil dan materil yang terpenuhi maupun mekanisme-mekanisme yang digunakan serta seluruh perkara tersebut berhasil dipenuhi pemulihan kembali keadaan semula oleh tersangka kepada korban. Adapun saran yang diberikan adalah Jaksa Penuntut Umum dapat diberikan pelatihan diri mengenai keterampilan dan kemampuan intelektual serta Kejaksaan Negeri Semarang dapat menerapkan Peraturan Jaksa Agung Nomor 15 Tahun 2020 secara maksimal sehingga penyelesaian perkara tipiring dapat lebih cepat dan lebih menciptakan keadilan bagi pihak korban, tersangka maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 14 Mar 2023 00:46
Last Modified: 14 Mar 2023 00:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30958

Actions (login required)

View Item View Item