PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT GUNUNG KAWI SEMARANG)

DARMAWAN, ALDO PUTRA (2023) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT GUNUNG KAWI SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-COVER_a.pdf

Download (686kB)
[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-BAB I_a.pdf

Download (305kB)
[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-BAB III_a.pdf

Download (244kB)
[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-BAB IV_a.pdf

Download (170kB)
[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (235kB)
[img] Text
17.C1.0149-ALDO PUTRA DARMAWAN-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT GUNUNG KAWI SEMARANG)”, bertujuan untuk mengetahui bentuk perjanjian kredit, faktor penyebab wanprestasi, dan penyelesaian wanprestasi di Bank Perkreditan Rakyat Gunung Kawi Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan metode ini penulis akan memperoleh data dengan melakukan wawancara dengan pihak Bank Perkreditan Rakyat Gunung Kawi Semarang serta memahami hal yang diteliti. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan studi kepustakaan terkait hal yang diteliti. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan menelaah, dan memberikan gambaran mengenai hal yang diteliti kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Perjanjian Kredit di Bank Perkreditan Rakyat Gunung Kawi Semarang berbentuk akta dibawah tangan, baku dengan klasual baku didalamnya, (2) Wanprestasi yang dilakukan Debitur disebabkan karena faktor kesalahan berupa kelalaian, dan keadaan memaksa, (3) Penyelesaian Wanprestasi yang dilakukan dengan cara Non Litigasi berupa negosiasi, restrukturisasi kredit, perjanjian pembaharuan hutang. Saran penelitian ini yaitu Bank Perkreditan Rakyat Gunung Kawi Semarang dapat mempertahakan cara menyelesaikan suatu masalah dengan melihat dan memperhatikan keadaaan masing masing pihak pihak berupa penyelesaian Non Litigasi berupa negosiasi, restrukturisasi, pembaharuan hutang tepat dilakukan sebagai penyelesaian sengketa karena sudah sesuai dengan kondisi, keadaan para pihak, peraturan perundang-undangan yang terkait, Debitur sebaiknya lebih memahami hak dan kewajibannya, supaya dapat menjalankan dan melaksanakan hak dan kewajiban Debitur sesuai dengan hak dan kewajiban

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 14 Mar 2023 00:19
Last Modified: 14 Mar 2023 00:19
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30952

Actions (login required)

View Item View Item