PERAN BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA TENGAH DALAM MELAKUKAN PELINDUNGAN DAN PENGAWASAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN DAN JUAL-BELI JENIS-JENIS BURUNG YANG DILINDUNGI DI INDONESIA SECARA ILEGAL

RIZALDY, GUSTAF (2023) PERAN BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA TENGAH DALAM MELAKUKAN PELINDUNGAN DAN PENGAWASAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENYELUNDUPAN DAN JUAL-BELI JENIS-JENIS BURUNG YANG DILINDUNGI DI INDONESIA SECARA ILEGAL. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-COVER_a.pdf

Download (400kB)
[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-BAB I_a.pdf

Download (253kB)
[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-BAB III_a.pdf

Download (241kB)
[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-BAB IV_a.pdf

Download (116kB)
[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-DAPUS_a.pdf

Download (178kB)
[img] Text
17.C1.0082-Gustaf Rizaldy-LAMP_a.pdf

Download (346kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dalam Melakukan Pelindungan dan Pengawasan Terhadap Tindak Pidana Penyelunduan dan Jual-Beli Jenis-Jenis Burung yang Dilindungi di Indonesia secara Ilegal” ini bertujuan: untuk mengetahui dan menganalisis peran Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dalam melakukan pelindungan dan pengawasan terhadap tindak pidana penyelundupan dan jual beli jenis-jenis burung yang dilindungi di Indonesia secara ilegal, untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penghambat Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dalam melakukan pelindungan dan pengawasan terhadap tindak pidana penyelundupan dan jual beli jenis-jenis burung yang dilindungi di Indonesia secara ilegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dan analisis dilakukan secara kualitatif tanpa menggunakan suatu perhitungan secara matematis. Sumber data diperoleh dari hasil pencarian data di lapangan melalui teknik wawancara dengan narasumber dan studi pustaka. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Peran Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dalam melakukan pelindungan dan pengawasan terhadap tindak pidana penyelundupan dan jual beli jenis-jenis burung yang dilindungi di Indonesia secara ilegal, yakni Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah memiliki peran untuk melakukan pelindungan dan pengawasan terhadap tumbuhan dan satwa dilindungi di Indonesia. Pelindungan dan pengawasan tersebut dilakukan oleh departemen yang lingkup tugas dan tanggung jawabnya meliputi pembinaan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnva, diberi wewenang khusus sebagai penyidik yang diatur dalam Pasal 39 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Faktor-faktor penghambat Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dalam melakukan pelindungan dan pengawasan terhadap tindak pidana penyelundupan dan jual beli jenis-jenis burung yang dilindungi di Indonesia secara ilegal, yakni kendala internal dan kendala eksternal, kendala internal keterbatasan personil Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah. Keterbatasan personil tersebut menghambat Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dalam melakukan pengawasan dan pelindungan terhadap jenis-jenis burung yang dilindungi, sedangkan kendala eksternal berupa ketidak sadaran masyarakat mengenai penyelundupan dan jual beli jenis-jenis burung dilindungi di Indonesia merupakan tindak pidana, dalam hal ini kesadaran masyarakat memiliki peran penting dalam melakukan pelindungan terhadap ekosistemnya, hal tersebut diatur dalam Pasal 37 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:09
Last Modified: 13 Mar 2023 02:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30946

Actions (login required)

View Item View Item