ADVOKASI HAKIM DALAM RANGKA MENJAGA KEHORMATAN DAN KELUHURAN MARTABAT HAKIM (STUDI KASUS PADA PENGHUBUNG KOMISI YUDISIAL WILAYAH JAWA TENGAH)

SUROHARDJO, GANITA RIDWAN (2023) ADVOKASI HAKIM DALAM RANGKA MENJAGA KEHORMATAN DAN KELUHURAN MARTABAT HAKIM (STUDI KASUS PADA PENGHUBUNG KOMISI YUDISIAL WILAYAH JAWA TENGAH). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-COVER_a.pdf

Download (718kB)
[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-BAB I_a.pdf

Download (348kB)
[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-BAB III_a.pdf

Download (460kB)
[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-BAB IV_a.pdf

Download (123kB)
[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-DAPUS_a.pdf

Download (275kB)
[img] Text
17.C1.0066-GANITA RIDWAN SUROHARDJO-LAMP_a.pdf

Download (961kB)

Abstract

Mengingat hakim merupakan jabatan yang mulia karena merupakan wakil Tuhan di dunia sekaligus simbol atau identitas negara hukum, maka Komisi Yudisial bukan hanya bertugas sebagai pengawas hakim, tetapi juga pelindung hakim manakala terjadi perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim. Komisi Yudisial melahirkan Peraturan Komisi Yudisial Nomor 8 Tahun 2013 tentang Advokasi Hakim sebagai landasan dalam mengambil langkah hukum dan/atau langkah lain terhadap orang perseorangan, kelompok orang, atau badan hukum yang merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana pengaturan advokasi hakim advokasi hakim oleh Komisi Yudisial, bagaimana pelaksanaan advokasi hakim oleh Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Jawa Tengah, apa saja hambatan ketika advokasi hakim dilaksanakan dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif sebagai metode analisa data. Penulis mengolah data hasil penelitian dalam bentuk deskriptif mengenai permasalahan yang penulis teliti, sehingga pembaca akan memperoleh gambaran dari penelitian ini. Advokasi hakim yang dilaksanakan oleh Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Jawa Tengah sebagai unit pelaksana tugas dari Komisi Yudisial, merupakan salah satu tugas dari wewenang menjaga kehormatan dan keluhuran martabat hakim. Dalam pelaksanaannya tidak sedikit Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Jawa Tengah mengalami beberapa hambatan seperti kurangnya sumber daya manusia, birokrasi dan peraturan yang kurang efektif, banyak hakim yang memaklumi perbuatan merendahkan kehormatan dan keluhuran martabat hakim sebagai dinamika persidangan, hakim yang kurang berintegritas, kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga wibawa pengadilan, dan kurangnya pengamanan pengadilan dari pihak kepolisian, sehingga advokasi hakim belum dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:24
Last Modified: 13 Mar 2023 01:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30941

Actions (login required)

View Item View Item