Identifikasi Misinterpretasi Mahasiswa Kedokteran Tentang Indikator Kesehatan Keluarga

KRISTANTI, ALBERTA WIDYA and sebong, perigrinus hermin Identifikasi Misinterpretasi Mahasiswa Kedokteran Tentang Indikator Kesehatan Keluarga. PRAXIS. ISSN 2622-9137

[img]
Preview
Text
artikel penelitian.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TURNITIN dr. Alberta Widya Kristanti.pdf.pdf

Download (794kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Aplikasi 12 indikator PIS-PK oleh mahasiswa kedokteran bertujuan untuk melatih kemampuan mereka untuk mempromosikan kesehatan keluarga. Namun, kesalahan interpretasi indikator PIS-PK oleh mahasiswa merupakan hambatan dalam model pembelajaran berbasis komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi misinterpretasi mahasiswa terhadap indikator PIS-PK dan memberikan rekomendasi penyempurnaan instruksi pengisian indikator PIS-PK. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasi deskriptif dengan sampel sebanyak 25 responden yang direkrut dengan teknik purposive sampling. Waktu penelitian pada bulan September 2021 sampai Oktober 2021. Pengumpulan data melalui instrumen kuesioner google form yang terdiri dari 22 item pertanyaan dengan closed ended questions, dengan 3 opsi pilihan. Hasil : Berdasarkan analisis dari hasil penelitian, peneliti menemukan dua indikator yakni indikator 5 dan 9 yang belum dipahami secara jelas oleh responden. Hal ini dapat disebabkan oleh responden masih dalam tahap awal terpapar oleh indikator tersebut maupun karena formula indikator yang kurang memadai. Secara keseluruhan indikator PIS-PK tersebut mudah dipahami dan dapat dicerna baik. Simpulan : Terdapat 2 indikator yang membuat mahasiswa kurang memahami maksud dari pernyataan tersebut yaitu indikator 5 dan 9. Indikator ini memerlukan modifikasi atau penambahan keterangan instruksional agar lebih jelas maksud pernyataan tersebut. Tingkat kesulitan dan kejelasan indikator PIS-PK sudah baik dan cukup mudah dicerna oleh responden.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > Family
300 Social Sciences > Social Support
300 Social Sciences > 301 Sociology
300 Social Sciences > 370 Education
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Faculty of Medicine
Depositing User: Ms Alberta Widya Kristanti
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:54
Last Modified: 01 Mar 2023 03:02
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30866

Actions (login required)

View Item View Item