PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK PERAWAT PADA RUANG ISOLASI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI CHARITAS HOSPITAL PALEMBANG)

RUSLI, NOER TRIYANTO (2022) PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK PERAWAT PADA RUANG ISOLASI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI CHARITAS HOSPITAL PALEMBANG). Masters thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-BAB I_a.pdf

Download (389kB)
[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-DAPUS_a.pdf

Download (231kB)
[img] Text
20.C2.0011-NOER TRIYANTO RUSLI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat merupakan tempat kerja yang memiliki risiko tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan. Pemenuhan hak Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap para tenaga kesehatan sangatlah diperlukan, sebab tenaga kesehatan tentu saja rentan terhadap bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Charitas Hospital sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Palembang memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi terhadap penularan COVID-19 Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaturan Charitas Hospital dapat menjamin pemenuhan hak Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis sosiologis. Berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang membahas mengenai Hak Asasi Manusia, Ketenagakerjaan, dan Kesehatan tidak ada peraturan yang tumpah tindih, mengulang (redundant), ataupun terdapat suatu kekosongan peraturan Perundang-Undangan yang mengatur mengenai hak Keselamatan dan Kesehatan Kerja perawat pada Ruang Isolasi saat pandemi COVID-19. Bila terjadi kekosongan peraturan Perundang-Undangan akibat kondisi pandemi COVID-19, Pemerintah dapat menerbitkan peraturan kebijakan (beleidsregel) seperti Instruksi Presiden, Surat Edaran, Panduan, Pedoman, Standar Teknis, dan Protokol dan Charitas Hospital Palembang untuk membuat kebijakan internal (SOP, Petunjuk Teknis, Standar Teknis) dan menambahkan Nursing Staff Bylaws terkait pengaturan penanganan pada saat pandemi sehingga Rumah Sakit siap jika sewaktu-wktu terjadi kejadian serupa. Kata kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Ruang Isolasi, COVID-19

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:05
Last Modified: 03 Feb 2023 08:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30767

Actions (login required)

View Item View Item