PEMENUHAN HAK PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

ANTONI, ANTONI (2022) PEMENUHAN HAK PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT. Masters thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-COVER_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-BAB I_a.pdf

Download (349kB)
[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-DAPUS_a.pdf

Download (227kB)
[img] Text
19.C2.0012-ANTONI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Hak Pasien peserta Jaminan Kesehatan merupakan hak yang bersumber dari hak asasi manusia. Hak pasin peserta JKN diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Dalam pemenuhan hak pasien JKN dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit terdapat beberapa ketentuan pelaksanaan yang membatasi hak pasien tersebut Penelitian ini bersifat hukum normatif dengan spesifikasi deskriptif analitis yang menggambarkan secara menyeluruh permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu pemenuhan hak-hak pasien yang berkaitan dengan pelayanan praktik kedokteran berdasarkan kerangka pemikiran atau tinjauan pustaka yang teruji keabsahannya. Sementara itu data sekunder diperoleh melalui kajian pustaka dan perundang-undangan. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketentuan tentang hak pasien JKN didasarkan pada peraturan perundang-undangan antara lain UUD 45, UU HAM, UU Kesehatan, UU Praktik Kedokteran, UU Rumah Sakit. Ketentuan pelaksanaan yang termuat pada Permenkes Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Peserta JKN dan Permenkes Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, diketahui bahwa hak pasien JKN dibatasi oleh ketentuan rujukan berjenjang, pemilihan kelas perawatan dan kriteria gawat darurat. Adapun pemenuhan hak Pasien JKN dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit pengaturannya ditetapkan pada alur pelayanan dan bentuk-bentuk pelayanan yang meliputi palayanan umum dengan pembatasan pada verifikasi data dan rujukan, sedangkan pelayanan gawat darurat dibatasi pada kriteria yang ditetapkan pada bagian Lampiran I Permenkes No 416 tahun 2011 tentang Pedoman Jenis Pelayanan dan Pemberi Kesehatan bagi Peserta PT ASKES (PERSERO) Kata kunci: hak pasien, Jaminan Kesehatan Nasional, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:04
Last Modified: 03 Feb 2023 08:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30766

Actions (login required)

View Item View Item