RURAL GENTRIFICATION : PERUBAHAN PEMANFAATAN RUANG DAN PERUBAHAN PERAN GENDER "STUDI KASUS KECAMATAN MAYONG, KABUPATEN JEPARA, JAWA TENGAH"

AMARTA, DANAR (2022) RURAL GENTRIFICATION : PERUBAHAN PEMANFAATAN RUANG DAN PERUBAHAN PERAN GENDER "STUDI KASUS KECAMATAN MAYONG, KABUPATEN JEPARA, JAWA TENGAH". Masters thesis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-BAB I_a.pdf

Download (698kB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-BAB III_a.pdf

Download (356kB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-BAB V_a.pdf

Download (291kB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-DAPUS_a.pdf

Download (317kB)
[img] Text
18.O1.0015-Danar Amarta-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena gentrifikasi telah terjadi sebagai akibat dari perkembangan penggunaan dan pemanfaatan ruang di kawasan perdesaan wilayah Kecamatan Mayong. Gentrifikasi juga sering kali menyebabkan keluarnya masyarakat kelas ekonomi rendah (yang merupakan penduduk asli dari suatu kawasan) ke kawasan lain karena munculnya tekanan ekonomi dan sosial akibat ketidakmampuan mereka untuk bersaing dengan penduduk pendatang. Di samping isu “perubahan kelas sosial” ini, beberapa diskursus ilmu sosial yang berkembang belakangan ini juga menunjukkan pentingnya untuk memahami isu “peran gender dan perubahannya” sebagai bagian yang esensial dalam struktur sosial, tujuan dari penelitian untuk mengetahui sejauh mana perubahan pemanfaatan ruang wilayah perdesaan di Kecamatan Mayong telah mengakibatkan terjadinya proses ‘rural gentrification’ terhadap peran gender, Penelitian ini menggunakan menggunakan metode campuran secara kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan pendekatan campuran sekuensial eksplanatori. Hasil penelitian didapatkan gentrifikasi menyebabkan perubahan pemanfaatan ruang dari pertanian menjadi non pertanian (Industriliasasi) serta didukung dengan adanya perkembangan harga lahan yang cukup meningkat serta bermunculnya kos-kosan dan/atau kontrakan pekerja sebagai salah satu indikator terjadinya gentrifikasi perdesaan. Dari perkembangan yang paling dominan berupa adanya industrialisasi terjadilan isu peran gender dimana dari hasil temuan didapatkan beban wanita bertambah karena tidak sebagai ibu rumah tangga tetapi bekerja di salah satu industri yang merupakan hasil dari perubahan pemanfaatan ruang dalam gentrifikasi. Kata Kunci: Pemanfaatan Ruang, Gentrifikasi, Gender

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > Women
500 Science > 550 Earth sciences & geology
Divisions: Graduate Program in Environment and Urban Studies
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:53
Last Modified: 03 Feb 2023 06:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30682

Actions (login required)

View Item View Item