Hasil Peer Review : Keberhasilan Kehamilan Spontan Pasca Tindakan Laparoskopi Kistektomi pada Berbagai Stadium Endometrioma

Indra Adi Susianto, Indra and Indra Adi Susianto, Indra Adi Susianto and Indra Adi Susianto, Indra Adi Susianto and Indra Adi Susianto, Indra Adi Susianto (2021) Hasil Peer Review : Keberhasilan Kehamilan Spontan Pasca Tindakan Laparoskopi Kistektomi pada Berbagai Stadium Endometrioma. RSUP Dr. Kariadi Semarang, RSUP Dr. Kariadi Semarang.

[img] Text
Peer review dr relly.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Peer_Jurnal_Terakreditasi eddy hartono.pdf

Download (177kB)
Official URL: http://medicahospitalia.rskariadi.co.id/medicahosp...

Abstract

Latar belakang : Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat keberhasilan kehamilan spontan tanpa induksi ovulasi pada pasien yang telah mengalami operasi laparoskopi kistetomi dan adhesiolosis. Metode : Penelitian dilakukan secara kohort retrospektif selama 5 tahun (2015–2019) di RSIA Anugerah Semarang, didapatkan total 70 pasien yang sesuai dengan kriteria inklusi, dimana seluruh pasien dilakukan operasi secara laparoskopi oleh sistem operasi dan tim operasi yang sama. Teknik operasi menggunakan teknik stripping dan rekonstruksi ovarium secara menjahit serta bipolar yang dikombinasikan dengan sistem irigasi sedangkan tingkat keberhasilan kehamilan diikuti 6 bulan setelah operasi dan dicatat dalam catatan medis secara detail hingga cara persalinan melalui telekonsultasi. Hasil : Dari total 70 pasien yang sesuai kriteria inklusi didapatkan rerata stadium endometrioma adalah 2,87. Angka keberhasilan kehamilan spontan dari 70 pasien adalah 51,4 % dan hanya 17,1 % yang belum dapat hamil 6 bulan pasca operasi sedangkan hanya 42,9 % yang harus ditolong dengan seksio sesaria. Simpulan : Dengan terjadinya kehamilan spontan pada 68,6% pasien pasca tindakan operasi laparoskopi, maka teknik operasi laparoskopi kistektomi disertai dengan rekontruksi ovarium dengan penjahitan merupakan tindakan yang aman meskipun dilakukan pada berbagai tingkat stadium endometrioma.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Sciences
500 Science
500 Science > 570 Life sciences, biology
600 Technology (Applied sciences)
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 618 Gynecology
Divisions: > 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News media, journalism & publishing
070 News media, journalism & publishing
Depositing User: Mr Indra Adi Susianto
Date Deposited: 18 Jan 2023 11:15
Last Modified: 18 Jan 2023 11:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30648

Actions (login required)

View Item View Item