EFEKTIVITAS METODE SPEKTROSKOPI PADA DETEKSI PEMALSUAN LADA (Piper nigrum) EFFECTIVENESS OF SPECTROSCOPIC METHODS ON THE DETECTION OF PEPPER ADULTERATION (Piper nigrum)

Candamita, Devi (2022) EFEKTIVITAS METODE SPEKTROSKOPI PADA DETEKSI PEMALSUAN LADA (Piper nigrum) EFFECTIVENESS OF SPECTROSCOPIC METHODS ON THE DETECTION OF PEPPER ADULTERATION (Piper nigrum). Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I1.0036-Devi Candamita-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
18.I1.0036-Devi Candamita-BAB I_a.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB II)
18.I1.0036-Devi Candamita-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB III)
18.I1.0036-Devi Candamita-BAB III_a.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I1.0036-Devi Candamita-BAB IV_a.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB V)
18.I1.0036-Devi Candamita-BAB V_a.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB VI)
18.I1.0036-Devi Candamita-BAB VI_a.pdf

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0036-Devi Candamita-DAPUS_a.pdf

Download (398kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I1.0036-Devi Candamita-LAMP_a.pdf

Download (151kB)

Abstract

Lada (Piper nigrum) banyak digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan baku pembuatan jamu karena manfaatnya seperti antikanker, antioksidan, dan lain-lain. Lada memiliki harga jual dan volume perdagangan yang tinggi menyebabkan bahan pangan ini sering menjadi target pemalsuan untuk memperoleh keuntungan. Salah satu metode analisis yang cepat, murah, tidak membutuhkan keahlian khusus, tidak destruktif, dan preparasi sampel minim dalam mendeteksi pemalsuan lada yaitu metode spektroskopi yang biasanya dikombinasi dengan analisis multivariat. Tujuan dari review ini yaitu untuk mengetahui jenis adulteran yang dapat dideteksi dengan metode spektroskopi serta metode spektroskopi yang paling efektif dalam mendeteksi pemalsuan lada. Dalam melakukan review pertama-tama dilakukan pengumpulan berbagai literatur sesuai kriteria inklusi dan eksklusi lalu data diolah dalam bentuk tabel. Adulteran pada pemalsuan lada yang dapat dideteksi dengan spektroskopi yaitu serealia dan olahannya, umbi-umbian dan olahannya, lada, bagian lada, limbah lada, rempah-rempah, dan adulteran lainnya. Alasan penggunaan adulteran sebagian besar disebabkan karena murah, visualnya mirip, serta tidak mempengaruhi warna, rasa, dan aroma. Spektroskopi yang dapat digunakan dalam deteksi pemalsuan lada antara lain spektroskopi Near Infrared (NIR), Fourier Transform Near Infrared (FT-NIR), Near Infrared Hyperspectral Imaging (NIR-HSI), Mid Infrared (MIR), Fourier Transform Infrared (FTIR), Attenuated Total Reflectance Fourier Transform Infrared (ATR-FTIR), dan Diffuse Reflectance Infrared Fourier Transform (DRIFT). Analisis spektroskopi dilakukan dengan cara membandingkan spektra sampel lada murni dengan sampel lada yang dipalsukan. Spektroskopi FTIR dan ATR-FTIR dipilih sebagai metode yang paling efektif karena dapat menunjukkan perbedaan spektra lada dan spektra adulteran dengan jelas terutama pada puncak vibrasi gugus fungsi piperin. Analisis multivariat yang dapat digunakan dalam pemalsuan lada antara lain Partial Least Square (PLS), Multiple Linear Regression (MLR), Genetic Algorithm Optimized Support Vector Machine (GA-SVM), Partial Least Square Discriminant Analysis (PLS-DA), Orthogonal Least Square Discriminant Analysis (OPLS-DA), Soft Independent Modeling of Class Analogy (SIMCA), dan Area Under the Receiver Operating Characteristic Curve (AUROC). Analisis multivariat yang paling efektif digunakan yaitu PLS dan AUROC. PLS efektif dalam menentukan tingkat adulteran pada lada dengan menunjukkan nilai R2 dan RPD lebih yang tinggi serta nilai SEC dan SEV yang lebih rendah dibandingkan metode lainnya dan adanya proses validasi. AUROC dapat menunjukkan tingkat spesifisitas dan sensitivitas yang tinggi serta konsentrasi adulteran terendah yang dapat terdeteksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:37
Last Modified: 08 Dec 2022 01:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item