REVIEW: EVALUASI TOKSISITAS DAN RISIKO KEAMANAN PANGAN LIMA SENYAWA FLAVOR YANG UMUM DIGUNAKAN DALAM PENGOLAHAN PANGAN REVIEW : EVALUATION OF TOXICITY AND FOOD SAFETY RISK OF FIVE FLAVOR COMPOUNDS USED IN FOOD PROCESSING

Kanaya, Irene Cantya (2022) REVIEW: EVALUASI TOKSISITAS DAN RISIKO KEAMANAN PANGAN LIMA SENYAWA FLAVOR YANG UMUM DIGUNAKAN DALAM PENGOLAHAN PANGAN REVIEW : EVALUATION OF TOXICITY AND FOOD SAFETY RISK OF FIVE FLAVOR COMPOUNDS USED IN FOOD PROCESSING. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-COVER_a.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-BAB I_a.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-BAB III_a.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-BAB IV_a.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-BAB V_a.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-BAB VI_a.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-DAPUS_a.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
18.I1.0031-Irene Cantya Kanaya-LAMP_a.pdf

Download (526kB) | Preview

Abstract

Flavor merupakan aspek sensori yang memiliki peranan yang sangat penting sebagai pendorong preferensi konsumen. Flavor diperoleh dari adanya suatu senyawa aroma yang memiliki sifat mudah menguap dalam suatu makanan. Kontribusi senyawa flavor terhadap rasa dan aroma bergantung dengan konsentrasi dan ambang batas yang baunya dapat dirasakan oleh manusia. Senyawa flavor dapat diperoleh secara alami maupun buatan. Selain itu senyawa flavor dapat berasal dari nabati maupun hewani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui senyawa flavor yang memiliki resiko sebagai senyawa toksik, untuk mengetahui dosis aman dalam penggunaan senyawa flavor, dan untuk mengetahui efek kesehatan yang ditimbulkan selama konsumsi senyawa flavor tersebut dalam jangka panjang dan pendek. Senyawa flavor yang dibahas dalam penelitian ini adalah vanillin, citral, carvacrol, cinnamaldehyde dan menthol. Kelima senyawa tersebut merupakan senyawa flavor yang penggunaannya populer di seluruh dunia. Dari kelima senyawa flavor tersebut dapat ditemukan dalam produk pangan yang dikonsumsi setiap harinya seperti susu, roti, permen, es krim dll. Pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan literature penelitian toksisitas mengenai kelima senyawa flavor tersebut. Pada senyawa vanillin dan cinnamaldehyde saat penelitian toksisitas akut tidak menunjukan adanya kematian pada hewan uji. Sedangkan pada senyawa menthol, citral dan carvacrol menghasilkan kematian pada hewan uji pada penelitian toksisitas akut. Dari kelima senyawa tersebut dibandingkan tingkat toksisitasnya berdasarkan nilai LD50 dikarenakan semakin kecil nilai LD50 maka semakin toksik. Kesimpulan dari kelima senyawa flavor tersebut urutan yang memiliki potensi toksisitas carvacrol, citral, menthol, cinnamaldehyde dan vanillin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Processing
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Dec 2022 01:37
Last Modified: 08 Dec 2022 01:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item