REVIEW: MEKANISME MENGURANGI RESIKO OBESITAS MELALUI KONSUMSI MINUMAN CAMELLIA SINENSIS DAN HERBAL DENGAN MEPERTIMBANGKAN KEAMANAN PANGAN REVIEW : MECHANISM REDUCE OBESITY RISK FROM CONSUMING CAMELLIA SINENSIS AND HERBAL DRINK CONSIDERING FOOD SAFETY

JOSEPHINE, TAN (2022) REVIEW: MEKANISME MENGURANGI RESIKO OBESITAS MELALUI KONSUMSI MINUMAN CAMELLIA SINENSIS DAN HERBAL DENGAN MEPERTIMBANGKAN KEAMANAN PANGAN REVIEW : MECHANISM REDUCE OBESITY RISK FROM CONSUMING CAMELLIA SINENSIS AND HERBAL DRINK CONSIDERING FOOD SAFETY. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-BAB I_a.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB II)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB III)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-BAB III_a.pdf

Download (593kB)
[img] Text (BAB IV)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-BAB IV_a.pdf

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-BAB V_a.pdf

Download (676kB)
[img] Text (BAB VI)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-BAB VI_a.pdf

Download (292kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-DAPUS_a.pdf

Download (564kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.I2.0041-TAN JOSEPHINE-LAMP_a.pdf

Download (928kB)

Abstract

Teh (Camellia sinensis) merupakan minuman yang banyak dikenal dan menjadi minuman yang paling sering untuk dikonsumsi di Indonesia. Teh herbal adalah minuman dari ramuan bagian tanaman herbal yaitu daun, bunga, biji, akar ataupun buahnya yang dikeringkan dan sama sekali tidak mengandung Camellia sinensis. Obesitas dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan kolesterol dan gula darah. Senyawa bioaktif yang terdapat dalam teh dan tanaman herbal dapat memberikan efek pencegahan resiko obesitas. Review ini bertujuan untuk mengidentifikasi mekanisme teh dan daun tanaman herbal yang dapat dijadikan konsumsi untuk mengurangi resiko obesitas dari senyawa bioaktif yang terdapat di dalamnya dengan memperhatikan keamanan pangan. Metode Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sistematik review. Tahap pertama yang dilakukan yaitu analisa kesenjangan, kemudian pengumpulan literatur dengan merumuskan kata kunci apa saja yang akan digunakan dalam mencari literatur. Literatur yang telah terkumpul akan disaring sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan kemudian di cek kualitas jurnalnya. Jurnal literatur yang berkualitas akan digunakan sebagai data Hasil penelitian menunjukan teh putih, teh oolong, teh hijau, teh hitam, daun jati belanda, dan daun murbei dapat membantu menurunkan resiko obesitas karena adanya senyawa bioaktif seperti flavonoid, tanin, 1- deoxynojimiricin, kafein, katekin, dan theaflavin. Kandungan senyawa bioaktif diketahui dari proses ekstraksi menggunakan pelarut polar. Human study mengenai konsumsi teh dan teh herbal ditemukan di semua jenis dan pada teh herbal ditemukan pada daun Jati Belanda dan Murbei. Mekanisme yang diberikan dari senyawa bioaktif tersebut yang meningkatkan resistensi insulin, mengoksidasi lemak, menurunkan kadar kolesterol, dan menekan asupan makan. Senyawa kafein dan katekin yang terdapat dalam teh dan teh herbal bila dikonsumsi berlebih dapat memiliki efek bagi kesehatan seperti hepatitis dan hipokalemia. Kesimpulannya, teh dan daun teh herbal memiliki manfaat pada mekanisme pencegahan resiko penurunan berat badan bila dikonsumsi dengan tepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Safety
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:33
Last Modified: 07 Dec 2022 06:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30379

Actions (login required)

View Item View Item