PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI

Putra, Benedicto Pradipta (2022) PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-COVER_a.pdf

Download (349kB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-BAB I_a.pdf

Download (282kB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-BAB III_a.pdf

Download (219kB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-BAB V_a.pdf

Download (175kB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-DAPUS_a.pdf

Download (201kB)
[img] Text
16.L1.0068-Benedicto Pradipta Putra-LAMP_a.pdf

Download (335kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali gunungapi. Indonesia memiliki 127 gunungapi aktif, atau sekitar 13% gunungapi aktif di dunia terletak di Indonesia, sehingga menjadikan negara ini sebagai pemilik gunungapi terbanyak di dunia. Sekitar 60% dari jumlah tersebut adalah gunungapi yang memilki potensi bahaya cukup besar bagi penduduk yang ada di dekatnya, sehingga demi keselamatan dan kelangsungan hidupnya masyarakat perlu mewaspadai bahaya ini. Namun, yang menjadi masalah adalah di Indonesia sendiri belum memiliki sistem mitigasi/sistem penanganan bencana alam yang baik, khususnya dalam menangani bencana erupsi gunung Merapi. Dikarenakan sistem mitigasi bencana serta kurangnya kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, hal ini menjadi dampak yang sangat serius yang juga dapat mempengaruhi aspek sosial dan ekonomi masyarakat di daerah yang terkena bencana erupsi salah satunya dalam hal pendidikan. Oleh karena itu, sangat diperlukan media yang mendukung dalam hal pemberian informasi serta pengenalan dan penanganan terhadap bencana pada sekolah dasar dengan penyusunan materi mengenai bagaimana gunung yang masih aktif dapat mengalami erupsi, serta gejala dan tanda-tanda yang harus diwaspadai salah satunya dapat dilakukan dengan pembuatan perancangan media komunikasi visual. Kata kunci : komunikasi visual, erupsi gunung, boardgame, anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > Learning Interest
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:40
Last Modified: 08 Nov 2022 03:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item