Pengenalan Aksara Rejang (Kaganga) Melalui Game Berbasis Android

Sulistyo, Matius Wahyu (2022) Pengenalan Aksara Rejang (Kaganga) Melalui Game Berbasis Android. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-BAB I_a.pdf

Download (251kB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-BAB III_a.pdf

Download (134kB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-BAB V_a.pdf

Download (245kB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-DAPUS_a.pdf

Download (251kB)
[img] Text
17.N2.0008-Matius Wahyu Sulistyo-LAMP_a.pdf

Download (174kB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara Kepulauan dengan beragam budaya, bahasa dan suku yang tersebar di ribuan pulau yang ada di Indonesia. Di antara keberagaman yang ada, tak jarang jika ada suku yang tak dikenal oleh banyak orang di Indonesia salah satunya adalah suku Rejang. Suku Rejang ini kebanyakan menetap di Provinsi Bengkulu dengan salah satu ciri khas memiliki Aksara sendiri yang disebut dengan Aksara Kaganga. Aksara Kaganga ini tak banyak dikenal terkhusus oleh anak muda di Indonesia, oleh sebab itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengenalkan Aksara Kaganga melalui media Game. Kaganga Games adalah nama game yang telah dirancang dan dikembangkan guna mendukung penelitian ini, Kaganga Games merupakan Game Edukasi berbasis Android yang di dalamnya terdapat fitur belajar Aksara Kaganga. Selain untuk pembelajaran aksara kaganga, dalam Kaganga Games juga terdapat beberapa jenis permainan menarik yang dikemas dalam level-level yang bervariasi dimana pada setiap levelnya memiliki gameplay yang berbeda. Tentu saja di semua level yang ada pada Kaganga Games ini berhubungan dengan Aksara kaganga sehingga pemain harus mengetahui apa saja itu huruf kaganga untuk menyelesaikan setiap level yang ada. Dengan adanya media pembelajaran melalui sebuah game ini diharapkan agar pemain yang memainkan Kaganga Games dapat merasa tertantang dalam memainkan sehingga secara tidak langsung dapat mengenal Aksara Kaganga secara lebih mendalam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:30
Last Modified: 31 Oct 2022 03:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30036

Actions (login required)

View Item View Item