KAJIAN BERBAGAI JENIS MINYAK IKAN SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN MAYONNAISE SEHAT. STUDY OF VARIOUS TYPES OF FISH OIL AS AN ADDITIONAL INGREDIENT IN THE MANUFACTURE OF HEALTHY MAYONNAISE

BINTANG, ANTONIUS TRI (2022) KAJIAN BERBAGAI JENIS MINYAK IKAN SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN DALAM PEMBUATAN MAYONNAISE SEHAT. STUDY OF VARIOUS TYPES OF FISH OIL AS AN ADDITIONAL INGREDIENT IN THE MANUFACTURE OF HEALTHY MAYONNAISE. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_COVER_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_BAB I_1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_BAB III_1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_BAB IV_1.pdf

Download (638kB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_BAB V_1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_DAPUS_1.pdf

Download (564kB)
[img] Text
18.I1.0095-ANTONIUS TRI BINTANG_LAMP_1.pdf

Download (312kB)

Abstract

Dalam periode 2 tahun (2017-2019) setiap tahunnya penjualan mayonnaise meningkat. Peningkatan penjual mayonnaise ini disebabkan karena tren konsumsi mayonnaise meningkat seiring dengan perkembangan sajian dessert kekinian yang memgunakan mayonnaise sebagai dressing sauce. Mayonnaise adalah produk makanan yang sangat digemari di dunia sebagai bahan tambahan makanan dalam mengkonsumsi makanan seperti salad dan lain-lain. Mayonnaise merupakan produk makanan yang termasuk dalam produk emulsi semi padat Oil in water (o/w). Mayonnaise dibuat dari bahan dasar seperti kuning telur, vinegar, minyak/lemak, garam, gula dan mustard. Saat ini tren makanan sehat kini mulai digemari oleh masyarakat, gaya hidup sehat ini terbentuk agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Mayonnaise yang ada dipasaran sering dikaitkan dengan masalah kesehatan. Mayonnaise yang diberi tambahan minyak ikan memiliki tambahan nutrisi sebab minyak ikan memiliki senyawa asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Minyak ikan memiliki karakteristik fisik berwarna kuning, memiliki bau yang amis dan khas. Fish oil memiliki kandungan aktif asam lemak rantai panjang PUFA omega 3 yaitu EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid), lalu mengandung asam lemak rantai panjang PUFA omega 6 yaitu Arachidonic acid (AA). EPA dan DHA pada minyak ikan memiliki kemampuan dalam menurunkan inflamasi dengan mekanisme anti inflamasi dan imunomodulator. Lalu asam Arachidonic memiliki manfaat sebagai proinflamasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah Mayonnaise yang diperkaya dengan minyak ikan memiliki karakteristik-karakteristik (Fisik, kimia, sensori) yang lebih baik dari Mayonnaise pada umumnya, ditinjau dari aspek kesehatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan seperti menganalisis kesenjangan, melakukan pengumpulan literatur, penyaringan literatur dan melakukan tabulasi serta menganalisis data. Mayonnaise yang diperkaya minyak ikan menghasilkan produk dengan rasa dan aroma yang amis. Umur simpan mayonnaise yang diperkaya minyak ikan rata-rata 14 hari, indikator kerusakan pada mayonnaise yang diperkaya minyak ikan dilihat dari bilangan peroksida. Mayonnaise yang diperkaya dengan minyak ikan terkandung asam lemak omega 3 EPA dan DHA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > Healthy
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:41
Last Modified: 26 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29975

Actions (login required)

View Item View Item