TINJAUAN EFEKTIVITAS BERBAGAI METODE DETEKSI METANIL YELLOW PADA PEMALSUAN KUNYIT. REVIEW OF THE EFFECTIVENESS OF VARIOUS METHODS OF DETECTING METANIL YELLOW IN TURMERIC ADULTERATION

Valerina, Valerina (2022) TINJAUAN EFEKTIVITAS BERBAGAI METODE DETEKSI METANIL YELLOW PADA PEMALSUAN KUNYIT. REVIEW OF THE EFFECTIVENESS OF VARIOUS METHODS OF DETECTING METANIL YELLOW IN TURMERIC ADULTERATION. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_BAB I_1.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text
18.I1.0057-Valerina_BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_BAB III_1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_BAB IV_1.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_BAB V_1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_DAPUS_1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.I1.0057-Valerina_LAMP_1.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Kunyit (Curcuma longa L.) banyak digunakan sebagai pewarna alami, bumbu, kosmetik, ramuan obat karena pada kunyit terdapat antioksidan, anti-kanker, antimikroba, anti-virus, dan anti-inflamasi, menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes dan Alzheimer. Beberapa faktor yang melatarbelakangi pemalsuan pada kunyit yaitu faktor finansial yang bertujuan mendapatkan keuntungan maksimal tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Zat pemalsu yang paling sering digunakan yaitu metanil yellow karena memiliki kemiripan dengan kunyit dari segi warna dan bentuk. Penambahan metanil yellow tidak merubah warna dan saturasi kunyit bubuk tidak banyak berubah sehingga diperlukan metode khusus untuk mendeteksi. Maka diperlukannya untuk mengevaluasi metode analisis yang paling efektif untuk mendeteksi keberadaan metanil yellow pada kunyit bubuk. Metode yang digunakan yaitu mengumpulkan informasi berupa data dari berbagai pustaka yang sudah sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan seperti jurnal internasional Q1-Q4, untuk jurnal nasional dengan kriteria S1-S3. Data yang telah dikumpulkan, ditampilkan dalam bentuk tabel atau gambar. Jenis instrumen yang telah dikumpulkan dari banyak paper ada dua jenis yaitu spektroskopi dan kromatografi. Jenis-jenis spektroskopi antara lain NIR, UV-vis, EIS, Raman Spectral Imaging, FTIR, dan FT-Raman. Sedangkan untuk jenis kromatografi yaitu MLC, UHPLC, dan HPTLC. Metanil yellow memiliki tiga atom nitrogen yaitu N=N dan –NH dan satu sulfat (SO3 −) yang terlihat pada bilangan gelombang 400-2600 cm-1. FT-Raman mampu mendeteksi gugus metanil yellow (N=N) dengan konsentrasi 1% pada bilangan gelombang 1406 cm-1. Micellar Liquid Chromatography mampu mendeteksi konsentrasi metanil yellow paling rendah sebesar 1x10-6 %. FT-Raman spektroskopi lebih dipilih sebagai metode yang paling efektif jika dibandingkan dengan inframerah spektroskopi karena memiliki pita yang lebih tajam dan jumlah pita lebih sedikit, sehingga lebih memungkinkan mengukur konsentrasi terendah pemalsuan secara akurat, tidak terjadi tumpang tindih dengan bilangan gelombang kunyit, intensitas tinggi untuk deteksi sampel dengan konsentrasi metanil yellow yang tinggi, mampu menampilkan hubungan relatif antara konsentrasi metanil yellow pada sampel dan intensitas puncak. Micellar Liquid Chromatography dipilih sebagai metode deteksi kromatografi paling efektif karena tidak memerlukan pembersihan sampel, menggunakan pelarut yang lebih sedikit, penggunaan ukuran kolom yang kecil, memerlukan waktu retensi yang singkat, dan dapat mendeteksi pemalsuan metanil yellow dengan kadar LoD dan LoQ paling akurat dibandingkan penelitian kromatografi lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:34
Last Modified: 26 Oct 2022 04:34
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29973

Actions (login required)

View Item View Item