MINAT BELI BERPERILAKU MEMBELI PRODUK HIJAU

AGUSTINI, MARIA YOSEPHINE DWI HAYU and Wahyuningdyah, Retno Yustini MINAT BELI BERPERILAKU MEMBELI PRODUK HIJAU. FMI 10 Tahun 2018.

[img] Text
FMI10 2018 Minat Berperilaku Membeli Produk Hijau.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Minat Berperilaku Membeli Produk Hijau.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya tren konsumerisme hijau, banyak perusahaan tertarik untuk menghasilkan dan menawarkan produk hijau. Namun keinginan membeli produk hijau masih dipertanyakan, yaitu apakah sebenarnya konsumen benar-benar ingin membeli atau bersedia membayar harga yang lebih mahal untuk produk hijau. Penelitian ini bermaksud untuk memahami minat beli produk hijau dengan menggunakan Teori Perilaku Terencana (TPT) guna memprediksi perilaku pembelian produk hijau. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner kepada 200 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unika Soegijapranata dan dianalisis dengan regresi berganda. Analisis deskriptif dilakukan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam dalam memprediksi perilaku pembelian produk hijau dengan melibatkan faktor pengetahuan. Hasil sesuai dengan teori, yaitu bahwa sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang diharapkan mempengaruhi minat secara signifikan. Namun minat masih relatif rendah dan hal ini diperkirakan terkait dengan pengetahuan tentang produk hijau yang masih terbatas dan bias. Perilaku dengan demikian juga akan sesuai dengan pengetahuan tentang produk hijau yang didefiniskan secara sempit sebagai produk yang ramah lingkungan dan daur ulang.

Item Type: Article
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Dwi Hayu Agustini
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:37
Last Modified: 24 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29711

Actions (login required)

View Item View Item