PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG OLEH DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) JAWA TENGAH

PUTRI, ANNISA RIZKY OKTAVIANI (2022) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG OLEH DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-COVER_a.pdf

Download (990kB)
[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-BAB I_a.pdf

Download (548kB)
[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-BAB III_a.pdf

Download (652kB)
[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-BAB IV_a.pdf

Download (196kB)
[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-DAPUS_a.pdf

Download (429kB)
[img] Text
18.C1.0137-ANNISA RIZKY OKTAVIANI PUTRI-LAMP_a.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian dengan judul: “PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG OLEH DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DP3AP2KB) JAWA TENGAH” ini memiliki tujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak korban TPPO oleh (DP3AP2KB) Jawa Tengah. (2) Untuk mengetahui hambatan yang ditemukan (DP3AP2KB) dalam melaksanakan perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak korban TPPO dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi deskriptif analitis. Data yang diperoleh menggunakan data primer dan data sekunder seperti studi kepustakaan dan wawancara di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan perlindungan hukum terhadap perempuan dan anak korban TPPO oleh DP3AP2KB Jawa Tengah merupakan Perlindungan hukum preventif berupa sosialisasi kepada masyarakat dan kelompok serta tokoh agama hingga organisasi perempuan dan anak. Selain itu mengajak dan mendorong masyarakat untuk melaporkan jika terjadi tindak pidana perdagangan orang terhadap perempuan dan anak melalui pelayanan yang ada pada DP3AP2KB yaitu pada pelayanan pengaduan. Perlindungan hukum represif berupa layanan yang terdiri dari layanan kesehatan, layanan rehabilitasi sosial, layanan bantuan dan penegakan hukum, layanan pemulangan dan reintegrasi sosial. Selain itu terdapat kerja sama yang dilakukan DP3AP2KB Jawa Tengah dalam penjemputan korban TPPO yang berada diluar provinsi Jawa Tengah. Adapun hambatan yang ditemukan DP3AP2KB Jawa Tengah yaitu terletak pada faktor masyarakat yang menjadi korban saat dilakukannya assesment, faktor hukumnya dalam penentuan pasal-pasal yang digunakan untuk menentukan tindak pidana, faktor penegak hukum karena lemahnya koordinasi antar lembaga karena mutasi atau pergantian orang di suatu lembaga. Saran dari penulis agar melakukan pendekatan pada korban secara terus menerus, melakukan rapat koordinasi antar lembaga membahas kasus perdagangan orang terkini maupun pelatihan, serta meningkatkan layanan yang telah ada di DP3AP2KB Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:15
Last Modified: 27 Sep 2022 02:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item