ANALISIS HUKUMAN KEBIRI KIMIA BAGI PELAKU KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DITINJAU DARI HAK ASASI ANAK DAN HAK ASASI MANUSIA

Lim, Fernandy (2022) ANALISIS HUKUMAN KEBIRI KIMIA BAGI PELAKU KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DITINJAU DARI HAK ASASI ANAK DAN HAK ASASI MANUSIA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-COVER_a.pdf

Download (400kB)
[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-BAB I_a.pdf

Download (265kB)
[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-BAB III_a.pdf

Download (550kB)
[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-BAB IV_a.pdf

Download (115kB)
[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-DAPUS_a.pdf

Download (246kB)
[img] Text
18.C1.0068-Fernandy Lim-LAMP_a.pdf

Download (582kB)

Abstract

Dalam upaya memenuhi hak anak terbebas dari segala bentuk kekerasan terutama kekerasan seksual, diterapkan tindak kebiri kimia bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak. Aturan hukum tersebut memunculkan pertentangan antara hak asasi anak sebagai korban dan hak asasi manusia si pelaku. Hukuman kebiri kimia terhadap pelaku kekerasan seksual dinilai telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai suatu tindakan penyiksaan, penghukuman yang keji dan tidak manusiawi. Dari perspektif hak anak, tindak kebiri kimia adalah upaya untuk melindungi anak sebagai korban yang seharusnya mendapatkan perlindungan dan pemenuhan hak anak agar terbebas dari segala bentuk kekerasan, penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat martabatnya sebagai manusia dan terhindar dari pengulangan peristiwa kekerasan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tindakan kebiri kepada pelaku kekerasan seksual terhadap anak ditinjau dari aspek hak asasi anak dan ditinjau dari hak asasi manusia. Penelitian menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, di mana metode ini dilakukan berdasarkan pendekatan kepustakaan seperti menelaah teori-teori, asas-asas hukum serta perundang-undangan yang berkaitan dengan penerapan hukuman kebiri kimia bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak ditinjau dari hak asasi manusia dan hak asasi anak. Penulis melakukan analisa hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak ditinjau dari Hak Asasi anak dan hak asasi manusia didukung data kepustakaan dan data yang diperoleh melalui wawancara pihak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analistis. Metode analisa data yang digunakan ialah metode kualitatif. Hasil penelitian ini terkait dengan analisis terhadap tindakan kebiri kimia ditinjau dari hak asasi anak menunjukkan bahwa hukuman kebiri kimia merupakan upaya pencegahan tindak kekerasan seksual terhadap anak yang berpusat pada kepentingan terbaik anak karena pada prinsipnya anak memiliki hak-hak yang secara fundamental yang tidak dapat diganggu gugat dan wajib dipenuhi oleh orang dewasa dan negara/pemerintah. Selain itu, hukuman kebiri kimia ini diatur dan ditujukan sebagai pidana tambahan bagi pelaku agar tidak mengulangi lagi perbuatannya di kemudian hari. Tindakan kebiri kimia jika ditinjau dari hak asasi manusia tidak melanggar hak asasi manusia berdasarkan alasan: 1) kebiri kimia tidak dilakukan secara permanen melainkan hanya untuk jangka waktu tertentu sehingga hanya memberi pengaruh sementara waktu saja bagi pelaku dan tidak berdampak seumur hidup, 2) hukuman kebiri kimia bukan merupakan tindakan penyiksaan dan tidak mengurangi daya negara dalam pemenuhan hak konstitusional karena prosedur pelaksanaannya diatur dengan melalui kelayakan uji klinis dan disertai rehabilitasi sebagai bentuk pemenuhan hak asasi pelaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Sexual Violence
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:11
Last Modified: 27 Sep 2022 02:11
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item