Identifikasi Dampak Pasang Surut Air Laut Terhadap Luas Genangan Banjir Rob (Studi Kasus Di Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang)

SANTOSA, BUDI and Suwarno, Djoko Identifikasi Dampak Pasang Surut Air Laut Terhadap Luas Genangan Banjir Rob (Studi Kasus Di Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang). Project Report. Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Katolik Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian 2021 - Budi Santosa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perubahan iklim dan pemanasan global sudah menjadi isu yang sangat strategis di dunia, termasuk di Indonesia. Pun demikian dengan Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang yang terletak di kawasan pesisir Pantai Utara Jawa. Kenaikan muka air laut di kawasan pesisir Pantai Utara Jawa menyebabkan bergesernya garis pantai ke arah darat. Hal ini berdampak pada berkurangnya luas lahan produktif di kawasan pesisir tersebut. Penelitian ini menggunakan metode overlay antara perubahan muka air laut (pasang surut historikal) terhadap peta topografi kawasan. Hasil penelitian berupa peta kawasan terdampak rob di Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Luas area terdampak rob pada saat surut terendah (-0,42m) dan pasang tertinggi (+0,45m) masing-masing 106,87 ha dan 178,20 ha.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Mr Budi Santosa
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:30
Last Modified: 01 Sep 2022 07:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29134

Actions (login required)

View Item View Item