TRACER STUDY PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA TAHUN LULUS 2017-2020

PERWITO, A. HARYO and PURNAMASARI, SHRESTA (2022) TRACER STUDY PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA TAHUN LULUS 2017-2020. Other. Universtitas Katolik Soegijapranata, Universtitas Katolik Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
TRACER STUDY PROGRAM STUDI MANAJEMEN TAHUN LULUS 2017-2020 LAPORAN FINAL EVISI 30-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Studi penelusuran alumni merupakan sarana bagi Pengelola Program Studi untuk memetakan kondisi lulusan serta merefleksikan proses pembelajaran secara keseluruhan guna melakukan perbaikan pada masa mendatang. Studi ini juga bermanfaat bagi regulator untuk mengevaluasi kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh Program Studi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan purposive non random sampling berdasar basis data wisudawan pada periode waktu 2017-2020 sejumlah 100 alumni yang sudah bekerja dan bersedia menjawab kuesioner yang dikirimkan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan content analysis sederhana. Studi ini menunjukkan bahwa dalam waktu dus hingga lima tahun semenjak lulus, sebagian besar alumni Program Studi memiliki pekerjaan dan berwirausaha pada industri yang beragam namun masih terkait dengan keilmuannya. Responden bekerja pada berbagai perusahaan mulai dari lokal hingga multinasional, sedangkan responden berwirausaha bekerja pada skala lokal hingga nasional baik telah berijin maupun belum. Selain itu, responden memiliki kondisi sosial dan ekonomi yang sangat memadai. Responden berperseps bahwa Program Studi Manajemen memiliki keseluruhan proses yang mampu membentuk responden untuk berdaya saing di lingkungan kerja maupun usaha. hal ini juga dilihat dari waktu tunggu, proses seleksi yang dahulu diikiti, serta tanggungjawab pekerjaan dan benefit dari pekerjaan yang sekarang. Meski begitu, berdasarkan pengalamannya responden memberikan masukan yang konstruktif terkait perbaikan danpenambahan fasilitas, metode/pendekatan dalam pembelajaran, serta karakter dosen. Terlebih, responden mengungkapkan degan adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang membantu mahasiswa mempersiapkan diri sesuai kebutuhan riil saat mereka bekerja.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Haryo Perwito
Date Deposited: 30 Aug 2022 21:14
Last Modified: 30 Aug 2022 21:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29100

Actions (login required)

View Item View Item