EKSPLORASI PERSEPSI, PERILAKU, DAN MOTIVASI GEN-Z BERWISATA DI OBYEK WISATA AIR TERJUN DAN DESA WISATA SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN OBYEK WISATA CURUG 7 BIDADARI DAN DESA WISATA, DESA KESENENG, KECAMATAN SUMOWONO, KABUPATEN SEMARANG

PERWITO, A. HARYO and Anugraheni, Dyah Titisari and HARCAHYO, BOWO and SUGIHARTO, YOHANES (2022) EKSPLORASI PERSEPSI, PERILAKU, DAN MOTIVASI GEN-Z BERWISATA DI OBYEK WISATA AIR TERJUN DAN DESA WISATA SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN OBYEK WISATA CURUG 7 BIDADARI DAN DESA WISATA, DESA KESENENG, KECAMATAN SUMOWONO, KABUPATEN SEMARANG. Other. Universtitas Katolik Soegijapranata, Universtitas Katolik Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Akhir Penelitian Keseneng REVISI 29 juni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Identifikasi potensi dan permasalahan merupakan langkah yang harus dilakukan pada awal sekali dalam sebuah perencanaan kepariwisataan, untuk menemukan hal apa saja yang bisa dikembangkan dan apa saja yang sekiranya akan menjadi kendala. Temuan-temuan identifikasi akan menjadi titik awal penentuan langkah selanjutnya, termasuk diantaranya keputusan untuk lanjut atau tidak. Demikian juga dalam pengembangan sebuah obyek atau destinasi wisata dalam industri kepariwisataan. Di sisi lain, dalam ilmu pemasaran, penting halnya untuk identifying and meet the need dari para (calon) konsumen (Kotler, 2021). Kemampuan untuk menemukan dan memenuhi ini akan berujung pada kepuasan konsumen, yang tentunya akan diikuti dengan kemungkinan-kemungkinan rebuy (atau revisit) dan WOM positif. Dalam kaitan dengan industri kepariwisataan, identifying and meet the need dapat dilakukan dengan mengungkap lebih dahulu apa maunya (the needs) pasar terkait dengan sebuah produk wisata tertentu. Salah satu pasar sasaran dalam kepawisataan adalah anak-anak muda. Beragam istilah dikenakan pada generasi ini, namun secara resmi kemudian diperkenalkan istilah Generasi Z (atau G-Zers). Tentu saja pasar ini menjadi pasar yang sangat menarik untuk dipahami dan dipenuhi kenginan dan harapannya, bila ingin mendapatkan peluang bisnis yang memadai. Melalui pertanyaan terbuka, penelitian ini berhasil mengungkapkan beragam tanggapan tentang obyek wisata air terjun, obyek wisata desa wisata, dan mengungkap juga apa saya yang mereka lakukan atau cari atau gali dalam proses keputusan konsumen.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Depositing User: Mr Haryo Perwito
Date Deposited: 30 Aug 2022 21:15
Last Modified: 30 Aug 2022 21:15
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29099

Actions (login required)

View Item View Item