PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI,KEPEMIMPINAN DAN KETRAMPILAN GESEK GODONG PADA PKK RT 04 RW16 KEL PUDAK PAYUNG KEC BANYUMANIK KOTA SEMARANG

NUGRAHANINGSIH, TRI HARDJANTI and PRAPTI, MENIEK SRINING and Prawihatmi, Chatarina Yekti PELATIHAN MANAJEMEN ORGANISASI,KEPEMIMPINAN DAN KETRAMPILAN GESEK GODONG PADA PKK RT 04 RW16 KEL PUDAK PAYUNG KEC BANYUMANIK KOTA SEMARANG. 0. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENGABDIAN_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Kelompok PKK RT IV RW XIV Kelurahan Pudak Payung. Proses kepengurusan di PKK RT berjalan secara bergantian, namun kendalanya tidak semua calon pengurus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola dan memimpin organisasi, sehingga kadang menolak saat dipilih menjadi pengurus PKK atau RT. Hal yang juga dialami mitra adalah keinginan untuk menambah ketrampilan dengan pemanfaatan potensi di sekitar RT. Di RT 01 Kelurahan Pudak Payung sangat banyak pohon, saat daun tersebut berguguran daun tersebut terbuang percuma di tempat sampah, mitra berharap dapat memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berharga. Berdasarkan permasalahan mitra tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat memberikan solusi berupa pemberian pelatihan manajemen dan kepemimpinan sehingga pelatihan ini diharapkan dapat membekali mitra saat dipilih menjadi pengurus PKK atau RT. Terkait dengan permasalahan yang kedua, tim pengabdian memberikan solusi dengan memfasilitasi pelatihan membuat ketrampilan batik gesek godong (gosok daun) untuk menambah ketrampilan mitra dengan memanfaatkan potensi yang ada yang selama ini terbuang. Metode Pelatihan dilakukan dengan cara parisipatory atau melibatkan mitra sebagai subyek bukan sebagai obyek. Luaran Pengabdian adalah mitra mampu memahami bagaimana mengelola organisasi dan memimpin kegiatan, serta memiliki ketrampilan tambahan yang memanfaatkan potensi yang ada. Setelah mengikuti pelatihan, mitra meningkat dalam hal pemahaman pentingnya manajemen dan organisasi yang dipelajari melalui ketrampilan pembuatan batik gesek godong. Mitra sangat antuasias dan gembira mendapatkan ketrampilan baru untuk menghasilkan batik gesek godong dengan memanfaatkan daun daun yang ada di sekitarnya, bahkan daun daun yang sudah kering juga dapat dimanfaatkan.

Item Type: Other
Subjects: 300 Social Sciences > Women
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: ms Christina Tri Hardjanti
Date Deposited: 26 Aug 2022 11:34
Last Modified: 30 Aug 2022 21:16
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29087

Actions (login required)

View Item View Item