Pelaksanaan Soegijapranata Learning Model dan Dampaknya pada Keterlibatan Belajar Mahasiswa

Hernawati, Lucia Pelaksanaan Soegijapranata Learning Model dan Dampaknya pada Keterlibatan Belajar Mahasiswa. In: Sendimas 2022. Publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat, 21-22 September 2022, Universitas Kristen Maranatha. (Unpublished)

[img] Text
Artikel sendimas 2022.pdf

Download (285kB)

Abstract

Di perguruan tinggi, dosen seyogyanya memakai metode pengajaran andragogi sebagai suatu proses pendidikan yang membantu mahasiswa (notabene orang dewasa yang berada pada fase dewasa awal) untuk mengembangkan potensi dirinya secara maksimal. Di UNIKA Soegijapranata dilaksanakan metode pembelajaran Soegijapranata Learning Model (LSM), yang pada intinya merupakan gabungan antara pembelajaran andragogi kontekstual dengan pengembangan karakter kritis-kreatif-visioner-peduli-tangguh. Dilakukan ujicoba penggunaan metode pembelajaran LSM pada matakuliah Psikologi Pendidikan. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterlibatan mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran SLM. Rancangan pembelajarannya berupa: tujuh kali pertemuan secara hybrid dilakukan pada kegiatan ini dengan menggunakan metode cooperative learning, mengundang tokoh/alumni inspiratif, case base learning, project base learning dengan durasi 3 jam setiap pertemuan. Pengukuran pre-post kegiatan dilakukan dengan skala keterlibatan dalam belajar untuk dapat menghitung efektivitas peningkatan keterlibatan mahasiswa. Sebanyak 117 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hasil menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam belajar, sebelum diberi metode pembelajaran SLM sama dengan setelah diberi metode pembelajaran SLM. Hal ini terjadi karena (1) Mahasiswa tidak diajak mengkritisi kegiatan yang akan dilalui. Sehingga bisa jadi kurang merasa memiliki kegiatan yang dilalui sehingga merasa tidak terlibat; (2)Dosen tidak mengubah metode pengajaran untuk pertemuan berikutnya, walau pada pertemuan terakhir mengindikasikan mahasaiswa tidak aktif dalam perkuliahan; (3) Dosen kurang memotivasi mahasiswa untuk memahami bahwa materi yang dipelajari bermanfaat bagi mahasiswa. KATA KUNCI: Soegijaparanata learning Model, Andragogi kontekstual, Keterlibatan mahasiswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social Sciences > 370 Education
300 Social Sciences > 370 Education > Educational Psychology
Depositing User: Ms Lucia Hernawati
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:37
Last Modified: 18 Aug 2022 02:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/29040

Actions (login required)

View Item View Item