Pengaruh Edukasi Terhadap peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman mengenai Kebersihan Diri (Personal Hygiene) di Panti Asuhan Griya Bahtera Kasih Semarang

DEFI, RATNA SHINTIA Pengaruh Edukasi Terhadap peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman mengenai Kebersihan Diri (Personal Hygiene) di Panti Asuhan Griya Bahtera Kasih Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Edukasi Kesehatan (Personal Hygiene) FIX-OK1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Personal Hygiene (Kebersihan Diri) meruapakan suatu cara untuk mencegah penyakit dan penularannya. Untuk mendapatkan personal hygiene yang baik dan benar dibutuhkan suatu pengetahuan mengenai hal tersebut. Maka dari itu peneliti mendapatkan prioritas masalah yang ditemukan yaitu kurangnya pengetahuan dan pemahaman mengenai personal hygiene yang meliputi handuk yang digunakan secara bersama-sama dan pakaian yang digunakan secara bertukar sesama subjek penelitian di panti. Pakaian dan handuk yang tidak digunakan secara pribadi, dapat menyebabkan adanya permasalahan kulit berupa jamur (panu/tinea versicolor, tinea corporis, tinea kruris), scabies. Permasalahan yang ditemukan ini didasari karena para penghuni Panti Asuhan Griya Bahtera Kasih belum memahami pengetahuan mengenai personal hygiene. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi terhadap pengetahuan dan pemahaman mengenai personal hygiene dalam upaya meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan Panti Asuhan Griya Bahtera Kasih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan penelitian Pre test-Post test dalam satu kelompok (one group Pre-post test Design) dengan jumlah 20 orang yang dilakukan kepada penghuni Panti Asuhan Griya Bahtera Kasih. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai kebersihan diri (personal hygiene) penghuni Panti Asuhan Griya Bahtera Kasih. Hal ini dapat terlihat dari hasil post test yang telah dilakukan. Kata Kunci: Personal Hygiene, kebersihan diri, edukasi kesehatan.

Item Type: Article
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education
Depositing User: Ms Ratna Shintia Defi
Date Deposited: 11 Aug 2022 08:02
Last Modified: 05 Oct 2022 12:06
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28973

Actions (login required)

View Item View Item