ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada PT Panatrade Caraka, Jakarta)

SURYANI, INDAH (2009) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus Pada PT Panatrade Caraka, Jakarta). Other thesis, Prodi Akuntansi Unika Seogijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.60.0013 Indah Suryani-COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.60.0013 Indah Suryani-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (BAB II)
05.60.0013 Indah Suryani-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB III)
05.60.0013 Indah Suryani-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB IV)
05.60.0013 Indah Suryani-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB V)
05.60.0013 Indah Suryani-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.60.0013 Indah Suryani-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan suatu hal yang penting bagi sebuah entitas bisnis. Hal ini dikarenakan pengukuran kinerja dapat digunakan untuk menilai keberhasilan suatu perusahaan. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk menyusun strategi – strategi dalam bisnis. Selama ini pengukuran yang sering digunakan oleh perusahaan adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan saja, yang tidak dapat menggambarkan pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan. Dengan adanya kekurangan seperti itu, maka diciptakan metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non keuangan. Pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard diukur dalam empat perspektif, yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Konsumen, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan selama empat tahun berturut – turut. Penurunan penjualan ini kemudian dianalisis dengan menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sample menggunakan metode stratified sampling dan purposive sampling. Metode pengujian instrumen yang digunakan adalah pengujian validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk metode analisis penulis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Perspektif Keuangan, kinerja PT Panatrade Caraka dikatakan buruk, karena perolehan margin laba kotor, margin laba operasi dan ROI nya menurun selama empat tahun berturut – turut. 2. Perspektif Konsumen, PT Panatrade Caraka mampu mempertahankan konsumen dan menjaga kepuasan konsumen dengan produk dan yang dihasilkan. 3. Perspektif Proses Bisnis Internal, PT Panatrade Caraka masih kurang menjaga efisiensi waktu ketika berproduksi, dan layanan purna jual yang diberikan 4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, PT Panatrade Caraka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management
> 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 17 Sep 2015 12:27
Last Modified: 26 Sep 2016 05:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item