PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TEHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA

Sasmito, Wisnu Djati and Trimeiningrum, Eny and Purnamasari, Shresta and Wibowo, Bonifatius Junianto PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TEHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN COMPETITIVE ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA. Project Report. Unika Soegijapranata, Semarang. (Unpublished)

[img] Text
Lap Akhir Penelitian - Intelectual.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam mencapai keberlanjutan usaha maka perusahaan perlu untuk memastikan bahwa ia mampu memenangkan pasar. Literatur menunjukkan berbagai pendekatan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggukan bersaing yaitu: posisi industri (IO), sumberdaya (RBV), dan sumberdaya pengetahuan (KBV). Tren deindustrialisasi memberikan implikasi bahwa sumberdaya tak berwujud (intangible), seperti intelektualitas sumber daya manusia justru memainkan peranan yang sangat krusial dalam proses penciptaan value added dibandingkan sumberdaya yang bersifat fisik namun justru pada orientasi keberadaan. Penelitian ini menguji pengaruh Intellectual Capital dalam mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Lebih lanjut, penelitian ini ingin menguji pengaruh dari competitive advantage sebagai variabel mediasi antara Intellectual Capital dan kinerja keuangan perusahaan. Hal ini karena Intellectual Capital akan mendorong inovasi, penambahan nilai yang menjadi competitive advantage bagi perusahaan untuk memenangkan pasar. Dalam penelitian ini, variabel kinerja keuangan perusahaan diukur dengan Return on Asset (ROA) sebagai variabel dependen, sedangkan Intellectual Capital sebagai variabel independen diukur dengan menggunakan Value Added Intellectual Capital (VAIC) yang merupakan akumulasi value added yang diciptakan oleh physical capital (VACA), human capital (VAHU), dan structural capital (STVA) dan Competitive Advantage sebagai variabel mediasi akan diukur dengan menggunakan biaya penelitian dan pengembangan (R&D Expenses) Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Value Added Intellectual Capital (VAIC) berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan (ROA). Namun tidak ada bukti empiris dalam penelitian ini bahwa research and development (RnD) menjadi variable mediasi antara VAIC dan ROA. Analisis lebih jauh terhadap komponen-komponen pembentuk VAIC yaitu VACA, VAHU dan STVA menyatakan human capital memberikan pengaruh paling dominan dibanding dengan Capital Employed dan Structure Capital.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:50
Last Modified: 20 Jul 2022 04:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28928

Actions (login required)

View Item View Item