WEWENANG SEKRETARIAT BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG DALAM MENANGANI PELANGGARAN PEMASANGAN ALAT PERAGA KAMPANYE PILKADA 2020 DI KOTA SEMARANG

SURYOLAKSONO, LAURENSIUS CAESARIO HERU (2022) WEWENANG SEKRETARIAT BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KOTA SEMARANG DALAM MENANGANI PELANGGARAN PEMASANGAN ALAT PERAGA KAMPANYE PILKADA 2020 DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-COVER_a.pdf

Download (763kB)
[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-BAB I_a.pdf

Download (550kB)
[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-BAB III_a.pdf

Download (908kB)
[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-BAB IV_a.pdf

Download (293kB)
[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-DAPUS_a.pdf

Download (518kB)
[img] Text
17.C1.0031-LAURENSIUS CAESARIO HERU SURYOLAKSONO-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan hukum dengan judul “Wewenang Sektertariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Semarang Dalam Menangani Pelanggaran Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pilkada di Kota Semarang” bertujuan untuk mengetahui wewenang Sekretariat Bawaslu Kota Semarang dalam melakukan penanganan pelanggaran terkait pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye Pilkada Tahun 2020 di Kota Semarang, serta penerapan peraturan pemasangan alat peraga kampanye di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Obyek penelitian adalah segala informasi yang berkaitan dengan wewenang Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Semarang dalam menangani pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye Pilkada 2020 di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah (1) Alat peraga kampanye adalah media bagi peserta pemilu untuk menunjukan visi misi dari peserta pemilu/pilkada tersebut. Dalam pemasangan alat pemasangan terdapat peraturan yang mengatur yaitu Perwal Kota Semarang No. 65 Tahun 2018 tentang Pemasangan Atribut Organisasi Kemasyarakatan, Atribut Partai Politik, dan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu atau Pilkada dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Semarang Nomor: 444/PL.02.4-Kpt/3374/KPU-Kot/IX/2020 tentang Titik Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye pada Kegiatan Kampanye Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2020. Dalam peraturan tersebut mengatur ketentuan mengenai ukuran, titik lokasi pemasangan hingga sanksi hukum bagi pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye. (2) Bawaslu Kota Semarang merupakan lembaga pengawas Pemilu/Pilkada yang berwenang untuk menangani pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye Pilkada 2020. Wewenang penanganan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye tersebut melalui dua tahap yaitu tahap pencegahan dan tahap penindakan, kedua tahap tersebut diperoleh melalui dua cara yaitu temuan dan laporan yang dimana dalam proses laporan dibantu oleh Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan. Tahap pencegahan tersebut berupa sosialisai kepada peserta pemilu dan melakukan himbauan dengan menghubungi peserta Pemilu/Pilkada melalui media sosial untuk melakukan penurunan mandiri. Wewenang Bawaslu Kota Semarang berikutnya yaitu penindakan berupa identifikasi, pengisian form A (form pengawasan), pengisisn form A2 (form temuan), mengakumulasi form A2 menjadi surat rekomendasi untuk diberikan ke KPU dialamnya berisi mengenai ketentuan untuk melakukan penurunan mandiri yang diberikan kepada peserta pemilu dari KPU, apabila tidak dilakukan penurunan maka selanjutnya Bawaslu akan bertindak bersama dengan delapan instansi untuk melakukan penurunan paksa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:01
Last Modified: 16 Jun 2022 06:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28734

Actions (login required)

View Item View Item