PRAKTIK ETIKA DAN PROFESIONALISME KEINSINYURAN PADA KONTRAKTOR PELAKSANAAN PERCEPATAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN (STUDI KASUS PADA PROYEK APARTEMEN X MENTENG, JAKARTA PUSAT)

PUTRIANTI, PRATIKA RIRIS (2022) PRAKTIK ETIKA DAN PROFESIONALISME KEINSINYURAN PADA KONTRAKTOR PELAKSANAAN PERCEPATAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI BANGUNAN (STUDI KASUS PADA PROYEK APARTEMEN X MENTENG, JAKARTA PUSAT). Project Report. Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Semarang. (Unpublished)

[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-COVER_a.pdf

Download (950kB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-DAPUS_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
21.B5.0009-PRATIKA RIRIS PUTRIANTI-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Karya Tulis ini berisi tentang rangkuman pengalaman yang dialami oleh penulis selama menjalankan tugas keprofesian sebagai insinyur profesional di bidang Teknik Sipil, khususnya di bidang perencanaan struktur bangunan gedung. Studi kasus yang diangkat dalam tulisan ini adalah mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama menangani Proyek Konstruksi Apartemen X Menteng, Jakarta Pusat. Proyek “X” Menteng Jakarta Pusat dibangun di pusat DKI Jakarta. Proyek ini dibangun di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Proses pekerjaan konstruksi struktur Apartemen “X” telah selesai dilakukan, dan dalam prosesnya seluruh pelaku konstruksi yang terlibat dalam tahap pelaksanaan konstruksi sudah melakukan tugasnya secara profesional. Penulis juga telah mengindahkan etika-etika dan keprofesionalan layaknya seorang insinyur profesional, dimana seluruh tindakan dan keputusan yang diambil, dilakukan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah dan pertimbangan – pertimbangan matang. Dalam skema pengecoran pada pelaksanaan konstruksi harus ada kepastian jika berdasarkan kualitas harus baik sehingga konstruksi nantinya akan lebih tahan lama. Dalam proyek Apartemen ”X” Menteng skema pengecoran dibagi menjadi 3 (tiga) zona dan pelaksanaan dapat dilakukan selama kurang lebih 6 (enam) hari. Pelaksanaan tersebut terdapat beberapa pekerjaan, yaitu mulai dari pembesian yang dilaksanakan kurang lebih 2 hari, pekerjaan pemasangan dan pelepasan bekisting dilaksanakan kurang lebih 3 hari, dan pekerjaan checklist serta pengecoran dilaksanakan selama kurang lebih 1 hari. Selesainya proses penulisan laporan ini, dapat dijadikan sebagai salah satu pembuktian kompetensi penulis di bidang perencanaan struktur bangunan, dan seluruh tindakan dan kegiatan yang dilakukan semuanya sudah selaras dengan bakuan kompetensi insinyur yang ditetapkan oleh PII.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Engineer Professional Program
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:16
Last Modified: 26 Apr 2023 02:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28720

Actions (login required)

View Item View Item