IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI RUMAH POTONG HEWAN PADA UPACARA ADAT UNTUK MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TANA TORAJA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Timang, Irene (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI RUMAH POTONG HEWAN PADA UPACARA ADAT UNTUK MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TANA TORAJA PROVINSI SULAWESI SELATAN. Project Report. Program Studi Perpajakan Unika Soegijapranata Semarang, Semarang.

[img] Text
18.H1.0048-Irene Timang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tugas Akhir ini berjudul “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI RUMAH POTONG HEWAN PADA UPACARA ADAT UNTUK MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TANA TORAJA PROVINSI SULAWESI SELATAN”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi kebijakan retribusi rumah potong hewan pada upacara adat, serta faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi implementasi kebijakan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif dalam menggambarkan keadaan objek penelitian sesuai dengan fakta yang ada dilapangan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan retribusi rumah potong hewan pada upacara adat di Kabupaten Tana Toraja yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sudah cukup baik. Adapun faktor yang menghambat dalam implementasinya seperti masih kurangnya jumlah dan mutu personil pemungut retribusi, sarana dan prasarana belum memadai, serta penyetoran retribusi masih sering mengalami keterlambatan. Faktor yang mendukung berupa upacara adat semakin banyak dan sudah ada landasan hukum yang dibuat oleh pemerintah.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan implementasi kebijakan retribusi rumah potong hewan pada upacara adat untuk menunjang pendapatan asli daerah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis merekomendasikan beberapa saran seperti peningkatan jumlah dan mutu personil pemungut dan pengawas retribusi, penggunaan akses teknologi yang baik, serta pengelolaan retribusi lebih optimal melalui kajian menyeluruh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Taxation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Taxation
Depositing User: Mr Agung Tri Hartadi
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:05
Last Modified: 22 Mar 2022 04:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28260

Actions (login required)

View Item View Item