PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PRODUSEN TENTANG RISIKO KONTAMINASI SARS-COV-2 PADA PANGAN SIAP SANTAP YANG DIPERDAGANGKAN SECARA DARING DI KOTA SEMARANG

AGUSTIANA, VITA SARI (2022) PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PRODUSEN TENTANG RISIKO KONTAMINASI SARS-COV-2 PADA PANGAN SIAP SANTAP YANG DIPERDAGANGKAN SECARA DARING DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_COVER_a.pdf

Download (704kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_BAB I_a.pdf

Download (226kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_BAB III_a.pdf

Download (388kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_BAB IV_a.pdf

Download (236kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_BAB V_a.pdf

Download (128kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_DAPUS_a.pdf

Download (315kB)
[img] Text
18.I1.0074-VITA SARI AGUSTIANA_LAMP_a.pdf

Download (771kB)

Abstract

Beberapa penelitian terakhir melaporkan bahwa SARS-CoV-2 ditemukan pada pengemas dan bahan makanan, sehingga beresiko menjadi jalur penyebaran COVID-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keselarasan antara Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan (PST) produsen makanan siap santap yang dijual secara daring di Kota Semarang tentang risiko kontaminasi SARS-CoV-2 dan membandingkan tingkat kesesuaian PST produsen makanan dengan pendapat ahli. Penelitian ini merekrut 8 orang produsen makanan di Kota Semarang menggunakan metode purposive sampling. Responden diminta untuk mengikuti Focus Group Discussion (FGD) melalui platform zoom meeting. Sesi delphi kemudian dilakukan bersama 7 ahli bidang keamanan pangan dan bidang terkait. Analisis dilakukan pada keselarasan pengetahuan, sikap, dan tindakan produsen makanan dan kesesuaian antara hasil FGD, delphi, dan literatur ilmiah. PST produsen makanan sudah cukup selaras pada sub topik keamanan pangan, suhu pengolahan makanan, suhu bertahan SARS-CoV-2 dan peluang kontaminasi SARS-CoV-2 pada makanan, selaras pada pengelolaan limbah, dan sangat selaras pada aspek bangunan, peralatan, kebersihan pekerja, kontrol hewan pengganggu, pekerja, cara penyimpanan makanan, COVID-19 dan cara penyebarannya, protokol kesehatan dan kualitas pengemasan makanan. Tingkat kesesuaian pengetahuan berdasarkan hasil FGD produsen, sesi delphi dan teori kurang sesuai pada urutan aspek-aspek keamanan pangan yang paling penting ke tidak penting, cukup sesuai pada keamanan pangan, peralatan, dan cara penyimpanan makanan, sesuai pada suhu bertahan SARS-CoV-2, dan sangat sesuai pada bangunan, pengelolaan limbah, kebersihan personal, suhu pengolahan makanan, kontrol hewan pengganggu, COVID-19 dan penyebarannya, peluang kontaminasi SARS-CoV-2 pada makanan, protokol kesehatan, dan kualitas pengemasan makanan. Pada hasil FGD terkait sikap produsen sudah sangat sesuai pada seluruh sub topik keamanan pangan dan COVID-19 dan tindakan minimalisasi SARS-CoV-2 pada makanan, kecuali pada keamanan pangan cukup sesuai. Pada hasil FGD terkait tindakan produsen sudah cukup sesuai pada suhu pengolahan makanan, dan sesuai pada bangunan, dan sangat sesuai pada keamanan pangan, peralatan, pengelolaan limbah, kebersihan personal, kontrol hewan pengganggu, pekerja, penyimpanan, dan seluruh sub topik COVID-19 dan tindakan minimalisasi SARS-CoV-2 pada makanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Contaminations
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:14
Last Modified: 21 Mar 2022 06:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28214

Actions (login required)

View Item View Item