ANALISIS FRAUD SERTA PENGENDALIANNYA UNTUK MENGURANGI RISIKO TERJADINYA KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA CV CAHAYA MULIA LESTARI SEMARANG)

BUDIMAN, JESSICA JANUTIRTA (2022) ANALISIS FRAUD SERTA PENGENDALIANNYA UNTUK MENGURANGI RISIKO TERJADINYA KECURANGAN AKUNTANSI (STUDI KASUS PADA CV CAHAYA MULIA LESTARI SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_COVER_a.pdf

Download (3MB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_BAB I_a.pdf

Download (389kB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_BAB III_a.pdf

Download (378kB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_BAB IV_a.pdf

Download (275kB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_BAB V_a.pdf

Download (221kB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_DAPUS_a.pdf

Download (216kB)
[img] Text
18.G1.0145-JESSICA JANUTIRTA BUDIMAN_LAMP_a.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fraud merupakan tindakan kecurangan yang banyak terjadi di perusahaan yang masih memiliki sistem pengendalian yang lemah, demikian pula dengan CV Cahaya Mulia Lestari yang menjadi objek penelitian kali ini. CV Cahaya Mulia Lestari merupakan perusahaan distributor yang menjual Castrol Lubricant atau Oli Castrol dan ban motor merek Michelin. Kecurangan yang dilakukan karyawan kerap terjadi di perusahaan yakni adanya lapping, melebih-lebihkan jumlah klaim, dan penggelapan dana perusahaan. Perusahaan perlu mengetahui faktor yang menyebabkan karyawan melakukan kecurangan, maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya fraud dan untuk mengetahui pengendalian yang tepat untuk mengurangi fraud yang terjadi pada CV Cahaya Mulia Lestari. Penyebab terjadinya fraud dapat diketahui dengan melakukan analisis fraud triangle yakni dengan menjabarkan kondisi karyawan sesuai dengan tiga faktor, yakni tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi. Sedangkan untuk mengetahui pengendalian yang tepat untuk perusahaan, yakni dengan melakukan analisis kondisi riil perusahaan dan membandingkannya dengan masing-masing komponen sistem pengendalian internal. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yakni dengan melakukan observasi untuk mengetahui kondisi lingkungan kerja di perusahaan, melakukan wawancara dengan beberapa narasumber yang berkaitan, dan melakukan dokumentasi terhadap sumber-sumber bukti yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:27
Last Modified: 18 Mar 2022 03:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28182

Actions (login required)

View Item View Item