PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PERKARA PIDANA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO CONFERENCE PADA MASA PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DAN MASA NEW NORMAL (Studi di Pengadilan Negeri Purwakarta)

Adharezena, Rona (2022) PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PERKARA PIDANA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO CONFERENCE PADA MASA PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DAN MASA NEW NORMAL (Studi di Pengadilan Negeri Purwakarta). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_COVER_a.pdf

Download (324kB)
[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_BAB I_a.pdf

Download (266kB)
[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_BAB III_a.pdf

Download (752kB)
[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_BAB IV_a.pdf

Download (168kB)
[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_DAPUS_a.pdf

Download (241kB)
[img] Text
17.C1.0143-Rona Adharezena_LAMP_a.pdf

Download (461kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PELAKSANAAN PEMERIKSAAN PERKARA PIDANA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO CONFERENCE PADA MASA PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DAN MASA NEW NORMAL (Studi di Pengadilan Negeri Purwakarta)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, hambatan dan upaya mengatasi hambatan pada pemeriksaan perkara pidana dengan menggunakan video conference pada masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan New Normal di Pengadilan Negeri Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan wawancara. Hasil Penelitian menemukan bahwa (1) Pelaksanaan pemeriksaan perkara pidana melalui video conference diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Perkara Persidangan Pidana di Pengadilan secara Elektronik yang mengatur jalannya pemeriksaan perkara pidana melalui video conference. Setelah adanya COVID-19 pemerintah mengeluarkan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan New Normal untuk mengurangi penyebaran virus, Pelaksanaan pemeriksaan perkara pidana pada Pengadilan Negeri Purwakarta tidak menghadirkan secara langsung terdakwa, pemeriksaan dilakukan secara video connference agar terdakwa tetap mengikuti jalannya pemeriksaan walaupun berada di LAPAS/RUTAN, saksi maupun saksi ahli jika tidak dapat dihadirkan dalam ruang persidangan, pemeriksaan dilakukan secara video conference dengan saksi atau saksi ahli berada di kejaksaan atau pengadilan negeri yang berada di kota tempat tinggal saksi. (2) Kendala yang dihadapi dalam pemeriksaan perkara melalui video conference yaitu kendala perbedaan sarana-prasana antara kota besar dengan kota kecil dan/atau kabupaten. Saran penelitian ini yaitu dengan adanya kendala yang terjadi dalam pelaksaan pemeriksaan perkara melalui video conference di Pengadilan Negeri Purwakarta, maka Pemerintah harus lebih memerhatikan pengadilan yang berada didaerah terpencil dan kabupaten, terutama untuk sumber daya manusia yang memiliki kemampuan di bagian Teknologi Informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:47
Last Modified: 15 Mar 2022 06:47
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28005

Actions (login required)

View Item View Item