PENGAWASAN BALAI PEMASYARAKATAN TERHADAP NARAPIDANA PENERIMA PROGRAM ASIMILASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 (STUDI DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I SEMARANG)

SITIO, VINKI (2022) PENGAWASAN BALAI PEMASYARAKATAN TERHADAP NARAPIDANA PENERIMA PROGRAM ASIMILASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19 (STUDI DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS I SEMARANG). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_COVER_a.pdf

Download (648kB)
[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_BAB I_a.pdf

Download (397kB)
[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_BAB III_a.pdf

Download (753kB)
[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_BAB IV_a.pdf

Download (185kB)
[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_DAPUS_a.pdf

Download (315kB)
[img] Text
17.C1.0133-VINKI SITIO_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memberikan pembebasan bersyarat kepada narapidana melalui hak asimilasi dirumah sebagai bentuk upaya menjamin hak kesehatan narapidana agar terhindar virus Covid-19. Narapidana dalam melaksanakan asimilasi dirumah tetap menerima pengawasan dan pembimbingan dari Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang yang dilakukan secara daring dan kunjungan rumah (home visit), namun tidak dipungkiri dalam pelaksanaannya terdapat sedikit narapidana asimilasi dirumah yang melakukan pelanggaran dan mengakibatkan dicabutnya hak asimilasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian menggunakan Deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan Teknik Sampling yakni Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder baik studi pustaka dan hasil wawancara serta kuesioner. Teknik penyajian data dan metode analisa data dilakukan secara kualitatif disajikan secara naratif. Kegiatan pengawasan diatur dalam Permenkumham Nomor 24 Tahun 2021 dan beberapa Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang mengatur tentang pelaksanaan asimilasi di rumah. Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang melaksanakan pengawasan sekali dalam seminggu secara daring melalui video call via WhatsApp dan Siwasklija serta pengawasan luring melalui kunjungan rumah (Home Visit). Pengawasan yang dilakukan bertujuan untuk mencegah timbulnya pelanggaran dan bagi pelanggar akan di cabut hak asimilasinya sesuai prosedur. Pada melaksanakan pengawasan terjadi beberapa hambatan yaitu sistem error, SDM yang kurang memadai dan sinyal internet kurang stabil yang mengakibatkan pengawasan kurang optimal. Adapun saran yang diberikan untuk Bapas Semarang, Narapidana dan pamong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 11 Mar 2022 05:55
Last Modified: 11 Mar 2022 05:55
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/28004

Actions (login required)

View Item View Item