PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN USAHA BAKSO PAK BAMBANG (USAHA KECIL DI KELURAHAN KEMIJEN)

ELYADI, RUDY and SOEKESI, AGUSTINE EVA MARIA and PURNAMASARI, SHRESTA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PENGEMBANGAN USAHA BAKSO PAK BAMBANG (USAHA KECIL DI KELURAHAN KEMIJEN). Project Report. Universitas Katolik Soegijapranata.

[img] Text
Rev PENGABDIAN -Tim Rudy (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)

Abstract

Pada akhir tahun 2019, masyarakat global dihadapkan pada kemunculan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Virus ini telah menular keseluruh dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah merespon dengan mengeluarkan berbagai himbauan untuk mencegah penularan covid-19 serta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota besar di Indonesia.PSBB membuat perkantoran terpaksa tutup sehingga dilakukan work from home (WFH), dan belajar dari rumah dan pertumbuhan ekonomi Indonesian mengalami penurunan. Tim Pengabdian menemukan bahwa usaha mikro mengalami penurunan omzet penjualan karena pembatasan akses masuk lokasi usaha yang berada d wilayah pemukiman, pembatasan sektor pendidikan dan perkantoran yang merupakan konsumen utama serta berkurangnya tingkat konsumsi masyarakat akibat ketidakpastian ekonomi. Hal ini membuat usaha mikro terpaksa memodifikasi proses bisnis atau bahkan mengganti jenis produk. Meski begitu, usaha kecil tidak bisa leluasa memainkan harga karena sensitivitas harga masyarakat yang tinggi. Hasil wawancara dan observasi singkat yang kami lakukan menunjukkan bahwa mitra mengalami penurun Omzet penjualan, padahal mitra ini sangat bersemangat mengelola usahanya karena usahanya baru berjalan 6 bulan. Permasalahan mitra meliputi: Pelaku usaha belum mempromosikan produknya secara luas ke calon konsumen melalui media sosial, belum melakukan pembukuan yang baik serta belum menghitung biaya aktual produksi dengan metode yang benar, Pelaku usaha belum memiliki ijin usaha (IUMK) serta beberapa prasarana (MMT) yang sudah rusak. Kegiatan pengabdian ini diiharapkan mitra usaha kecil: dapat mempromosikan produknya secara luas ke calon konsumen melalui Media sosial, dapat melakukan pembukuan yang baik serta dapat menghitung biaya aktual produksi dengan metode yang benar, Pelaku usaha dapat memiliki ijin usaha (IUMK), dapat memiliki prasarana(MMT) yang baik sehingga bisa menjadi daya tarik konsumen untuk datang. Kegiatan pengabdian ini melibatkan serangkaian aktivitas, yaitu: pelatihan melakukan promosi produk di media social, pelatihan pembukuan dan perhitungan Harga Pokok Produksi, pelatihan cara pengurusan Ijin Usaha. Kata Kunci : Promosi , Pengeloaan keuangan, Ijin Usaha

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
Depositing User: Ms Eva Maria
Date Deposited: 23 Feb 2022 08:39
Last Modified: 23 Feb 2022 08:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27967

Actions (login required)

View Item View Item