PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI BUDIDAYA PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA MENJADI MAGGOT & KASGOT (STUDI KASUS PADA PKK RW 05 KELURAHAN JANGLI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)

Kusdiartini, Veronica and Wibowo, Bonifatius Junianto and Anugraheni, Dyah Titisari and Trimeiningrum, Eny and Agnes Arie Mientarry C, Agnes PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI BUDIDAYA PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA MENJADI MAGGOT & KASGOT (STUDI KASUS PADA PKK RW 05 KELURAHAN JANGLI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG). Other. Unika Soegijapranata. (Unpublished)

[img] Text
Proposal Peng Masy-Maggot dan Kosgot.doc

Download (1MB)

Abstract

PKK RW 05 Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang telah beberapa kali mewakili Kecamatan Tembalang untuk mengikuti berbagai macam lomba terkait lingkungan. Pada tahun 2008/2009 mengikuti lomba “KAKIKOL (Kanan Kiri Jalan Protokol)”, meraih juara 1. Pada tahun 2016 mengikuti lomba “Rumah Sehat” meraih juara 3 dan Pada tahun 2021 baru aja meraih juara harapan 1 lomba “Hatinya PKK”. Prestasi yang dicapai Kecamatan Tembalang melalui PKK RW 05 Kelurahan Jangli tentunya tidak luput dari ketersediaan lokasi warga dengan kondisi lingkungan yang mendukung, disertai inovasi produk dengan menngunakan sumberdaya alam yang tersedia. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah linkungan alam sekitar RW 05 Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang yang sudah asri dengan tanaman-tanaman yang hijau, baik tanaman obat, bunga, buah membutuhkan perawatan dengan pemberian pupuk. Selama ini warga masih menggunakan pupuk seadanya, yang terkadang berupa pupuk kimia. Pupuk kimia dalam pemakaian jangka panujang akan merusak lingkungan, dan juga berdampak buruk apabila digunakan untuk memupuk tanaman buah yang dikonsumsi manusia. Disisi lain tiap-tiap rumah tangga pasti tersedia sampah organik rumah tangga yang bisa diolah menjadi pupuk. Namun demikian, sampah organik rumah tangga yang ada, belum dimanfaatkan sebagai pupuk tetapi hanya dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah. Solusi yang akan dilakukan terhadap permasalahan yang dihadapi mitra yaitu dengan menciptakan inovasi baru dengan mengadakan budidaya pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi Maggot (belatung atau larva dari Black Soldier Fly/BSF) berguna untuk mereduksi bau/polusi baunya berkurang dan Kasgot (media bekas Maggot BSF) sangat bagus digunakan sebagai pupuk organik . Sementara, metode yang akan dipergunakan dalam menyelesaikan masalah adalah praktek awal untuk percontohan, sosialisasi kepada masyarakat binaan, pelatihan budidaya pengolahan sampah rumah tangga menjadi Maggot dan Kasgot, cek perkembangan proses budidaya Maggot dan Kasgot, pelatihan cara panen Maggot dan Kasgot. Selain dari manajemen produksi/operasi, juga akan dilakukan pelatihan menghitung Harga Pokok Produksi dan Penetapan Harga Jual dari manajemen keuangan dan pelatihan penentuan segmen dan target pasar dari manajemen pemasaran. Kata Kunci : Sampah Rumah Tangga, Maggot, Kasgot

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics
Depositing User: mr B. Juniato Wibowo
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:07
Last Modified: 07 Dec 2021 04:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item View Item