RANCANG BANGUN PLATFORM TANDA TANGAN ELEKTRONIK BERBASIS BLOCKCHAIN

KRISTIAWAN, ANG SANDY (2021) RANCANG BANGUN PLATFORM TANDA TANGAN ELEKTRONIK BERBASIS BLOCKCHAIN. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-BAB I_a.pdf

Download (185kB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-BAB III_a.pdf

Download (390kB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-BAB IV_a.pdf

Download (5MB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-BAB V_a.pdf

Download (181kB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (182kB)
[img] Text
17.N1.0013-ANG SANDY KRISTIAWAN-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, Internet of Things (IOT) menjadi topik yang cukup ramai diperbincangkan. Banyak kegiatan mulai dilakukan secara online. Salah satunya adalah kegiatan penandatanganan dokumen. PT. “XYZ” hendak membangun sebuah prototype aplikasi dengan framework yang mendukung pembuatan dan pengembangan aplikasi multiplatform yang dapat digunakan penggunanya untuk melakukan penandatanganan beserta penyematan sertifikat digital, yang kemudian bukti transaksinya dapat dicatat dan kemudian diverifikasikan melalui sistem blockchain sebagai alat bukti validitas transaksi yang diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih terpercaya, valid, dan aman dari berbagai serangan atau penyalahgunaan yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menerapkan blockchain dalam serangkaian aktivitas penandatanganan digital, bagaimana konsep dan cara melakukan verifikasi terhadap transaksi yang telah dicatat oleh sistem blockchain, dan membuat konsep aplikasi sederhana (prototype) yang menggunakan framework yang mudah dikembangkan apabila dibutuhkan agar aplikasi tersebut dapat dikembangkan untuk platform lain, tentunya juga dengan memperhatikan sistem keamanan dan tetap mudah digunakan bagi penggunanya (client), yang kemudian aplikasi tersebut dapat dikembangkan kembali sesuai dengan kebutuhan. Pada akhirnya, aplikasi dapat dibuat dengan mudah menggunakan framework Expo sebagai alat untuk mengembangkan aplikasi client, Node.Js untuk mengembangkan aplikasi back-end, dan proses pencatatan transaksi serta verifikasi transaksi dapat dilakukan dengan mudah dengan adanya bantuan Hyperledger Iroha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:08
Last Modified: 30 Nov 2021 08:08
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/27525

Actions (login required)

View Item View Item